KPU Riau Minta Daerah Ajukan Anggaran Pilkada

id kpu riau, minta daerah, ajukan anggaran pilkada

KPU Riau Minta Daerah Ajukan Anggaran Pilkada

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, meminta empat kabupaten/kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 2015 agar segera mengajukan anggaran supaya tidak mengganggu proses pesta demokrasi yang akan berlangsung.

"Setidaknya pada Oktober 2014, ke empat daerah itu sudah dapat mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada," kata Komisioner Divisi Hukum KPU Riau Ilham di Pekanbaru, Selasa.

Ke empat daerah dimaksud adalah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Meranti, Bengkalis dan Kota Dumai.

Ia berharap setiap daerah yang akan melakukan Pilkada ini sudah mulai mempersiapkan diri dengan melakukan berbagai persiapan sesuai dengan tahapan tertentu.

Mengenai jumlah anggaran dalam Pilkada tersebut, Ilham menambahkan, bahwa setiap daerah akan mengajukan dengan jumlah yang berbeda sesuai tingkat kebutuhannya.

"Tentu saja tidak sama dan ini akan sangat dipengaruhi oleh geografis serta penyebaran penduduk pada suatu daerah," imbuhnya.

Terkait dengan isu pelaksanaan Pilkada serentak, dia mengatakan masih menunggu keputusan dari pusat karena saat ini UUnya masih digodok untuk disempurnakan.

Untuk itu, KPU Riau tetap menginstruksikan kabupaten/kota untuk melakukan persiapan sesuai dengan peraturan yang masih berlaku.

Masa jabatan kepala daerah yang saat ini pada empat kabupaten/kota tersebut akan habis pada Agustus 2015.

Dengan begitu, KPU Provinsi Riau menargetkan pemungutan suara bisa berlansung pada Juni 2015.

Dalam persiapan KPU Provinsi Riau sendiri dalam menyambut Pilkada tersebut, Ilham juga mengatakan pihaknya akan mulai melakukan sosialisasi dan konsolidasi dengan berbagai pemangku kebijakan (stakeholders) terkait termasuk kepala daerah yang bersangkutan.

"Kita akan berkonsolidasi dan memberitahukan sejumlah ketentuan yang menyangkut pelaksanaan pemilihan kepala daerah," katanya.