Ratusan Warga Kawal Persetujuan Pemekaran Kabupaten Baru di DPRD Riau

id ratusan warga, kawal persetujuan, pemekaran kabupaten, baru di, dprd riau

Ratusan Warga Kawal Persetujuan Pemekaran Kabupaten Baru di DPRD Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan warga yang berasal dari Kampar Kiri mendatangi DPRD Riau untuk mengawal sidang paripurna persetujuan rekomendasi pemekaran Kabupaten Gunung Sailan Darussalam untuk terpisah dari Kabupaten Kampar yang digelar Selasa malam.

"Kami datang bersama ratusan masyarakat Kampar Kiri ke DPRD Riau untuk menghadiri sidang paripurna tentang rekomendasi pembentukan Kabupaten Gunung Sailan Darussalam," kata salah satu masyarakat yang juga anggota DPRD Kampar, Refol di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan bahwa DPRD Kabupaten Kampar telah mendukung sepenuhnya pembentukan kabupaten itu. Bahkan secara politis dan administrasi lembaga perwakilan rakyat itu juga sudah menyampaikannya ke Gubernur Riau melalui Pemerintah Kabupaten Kampar.

Selain itu, kajian akademik dan hasilnya menyimpulkan Daerah Kampar Kiri layak dimekarkan baik secara adminstratif ataupun kewilayahan untuk menjadi kabupaten baru.

"Hasil kajian itu juga sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Riau," katanya.

Terkait belum adanya rekomendasi dari Bupati Kabupaten Kampar, ia beralasan itu bukan ranah legislatif. Yang jelas DPRD Kampar sudah melaksanakan fungsinya memberikan persetujuan dan merekomendasikanya ke DPRD dan Gubernur Riau.

Ratusan warga yang telah berada di DPRD Riau sambil menunggu sidang paripurna pada malamnya juga melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya berupa sambutan politik dan beberapa aksi kesenian tradisional untuk menghilangkan kejemuan saat menunggu sidang dimulai.

Sementara itu, Ketua tim Pemekaran Kabupaten Gunung Sailan Darussalam itu, Abridar membenarkan bahwa DPRD Kampar telah memberikan rekomendasi persetujuan pembentukan kabupaten baru.

Terkait masalah ibu kota, dia menyatakan keputusan telah final berlokasi di Lipat Kain. Disampaikannya bahwa sampai hari ini penetapan tersebut tidak ada yang komplain.

"Lipat Kain merupakan ibu kota Kecamatan induk Kampar Kiri sebelum mekar menjadi beberapa kecamatan," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa yang masuk dalam pemekaran Kabupaten Gunung Sailan Darussalam nantinya adalah Kecamatan Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Gunung Sahilan, Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Tengah, Siak Hulu dan Kecamatan Perhentian Raja.