Persiapan Pelantikan DPRD Pekanbaru Hampir Rampung

id persiapan pelantikan, dprd pekanbaru, hampir rampung

Persiapan Pelantikan DPRD Pekanbaru Hampir Rampung

Pekanbaru, (Antarariau.com)- Persiapan pelantikan anggota DPRD Kota Pekanbaru, Provinsi Riau terpilih periode 2014-2019 yang digelar Sabtu (6/9) hampir rampung atau mencapai 85 persen dan panitia sudah memulai pekerjaanya sejak sebulan lalu.

Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru Ahmad Yani di Pekanbaru, Selasa, menyatakan panitia internal telah melakukan persiapan seperti penataan ruangan pelantikan maupun persiapan administrasi.

"Kita telah melakukan evaluasi internal dan dari hasil evaluasi ini kita ketahui bahwa persiapan telah 85 persen dan itu diantaranya persiapan ruangan dan administrasi seperti ruangan paripurna telah mulai kita susun dan administarasi seperti undangan untuk pembaca ayat suci Al Quran, pemimpin lagu dan juga Ketua Pengadilan Negeri yang akan mengukuhkan nanti," katanya.

Ia menambahkan, proses pelantikan dilaksanakan pukul 13.00 WIB setelah sebelumnya pada pukul 10.00 WIB dilakukan pelantikan anggota DPRD Provinsi Riau.

"Kita memilih mundur jam pelantikan, karena kebanyakan tentunya tamu kita juga akan menghadiri acara pelantikan anggota DPRD Provinsi Riau yang harinya sama Sabtu 6 September 2014 pukul 10.00 Wib, kita rencanakan acara kita pukul 13.00 Wib agar Gubernur Riau, tokoh masyarakat dan anggota DPRD Riau daerah pemilihan Pekanbaru bisa datang menghadiri acara pelantikan ini,"ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah anggota DPRD terpilih nanti yang akan dilantik sebanyak 45 orang, 17 diantaranya adalah anggota dewan lama yang terpilih kembali dan 28 orang anggota dewan yang baru.

Sementara itu terkait dengan SK pelantikan dari Gubernur Riau, ia menyatakan surat tersebut telah ditandatangani gubernur, dan nantinya akan diperbanyak sesuai dengan jumlah anggota dewan yang dilantik.

"SK sudah ditandatangani gubernur saya telah dikabari oleh staf Biro Pemerintahan kantor gubernur," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pimpinan sementara DPRD Kota Pekanbaru nantinya ditentukan berdasarkan kursi terbanyak yakni Partai Golkar 7 kursi, Partai Demokrat 6 kursi dan PDI-P 5 kursi.

"Berdasarkan rapat internal Partai Golkar, kita dapat kabar yang akan menjadi ketua sementara atau pimpinan sidang sementara nantinya saat paripurna adalah Roni Amril yang didampingi wakil dari Demokrat dan kita belum tahu siapa orangnya," tegas Ahmad.