Tokoh Rodas Sayangkan Bupati Rohul Hambat Pemekaran

id tokoh rodas, sayangkan bupati, rohul hambat pemekaran

Tokoh Rodas Sayangkan Bupati Rohul Hambat Pemekaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tokoh berdirinya Kabupaten Rokan Darussalam (Rodas) Syafruddin Saan menyayangkan sikap bupati yang dinilainya berupaya menghambat pemekaran dengan memicu hal-hal yang tidak baik.

"Secara keseluruhan prosesnya lancar kecuali ada pihak tertentu dalam hal ini Bupati Rohul yang dengan berbagai cara menghambat pemekaran Rodas menjadi kabupaten. Salah satunya dengan memunculkan ide untuk berdirinya Kota Madya Pasir Pengaraian," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Anggota DPRD Riau ini mengemukakan, hal tersebut dapat memicu hal-hal yang tidak baik karena proses pemekaran Rodas sudah berjalan sesuai mekanisme. Di satu sisi, bupati menghalang-halangi Rodas, tapi di sisi lain memunculkan ide untuk pemekaran yang lainnya.

Selain itu, dia juga menyayangkan adanya tindakan memadamkan aliran listrik bagi kecamatan-kecamatan yang akan menjadi wilayah Rodas dari waktu Maghrib hingga Pukul 22.00 WIB. Hal ini adalah suatu pembodohan yang dilakukan kepada masyarakat.

"Bagaimana anak-anak bisa belajar jika listrik dipadamkan pada waktu tersebut. Ini adalah suatu pembodohan yang dilakukan secara otomatis," ujarnya.

Kemudian, disayangkan juga adanya pengerahan massa pemerintah yang menurutnya dilakukan oleh bupati. Massa tersebut terdiri dari camat, kepala desa, lurah, dewan perwakilan desa, ninik mamak dan mahasiswa.

Massa tersebut mendatangi DPRD Riau, Selasa, untuk menyampaikan aspirasi menolak terbentuknya Kabupaten Rodas. Syafruddin Saan sebagai anggota Komisi A yang mengurusi pemerintahan menerima massa itu didampingi Wakil Ketua DPRD Riau, T Rusli Ahmad.

Salah satu warga, Thamrin mengatakan, usulan pembentukan Kabupaten Rodas tidak murni dari seluruh masyarakat Rokan Kiri. Hal ini, katanya, hanyalah suatu bentuk kekecewaan dari kelompok yang kalah dalam politik.

"Kami tidak sepakat untuk dilakukan pemekaran dengan legitimasi empat kecamatan yang menjadi perwakilan yaitu Kecamatan Tandun, Kecamatan Kabun, Kecamatan Ujung Batu dan Kecamatan Bonai Darussalam," katanya.