Haji - Wabup: Peluang Berhaji Di Rohul 14 Tahun

id haji -, wabup peluang, berhaji di, rohul 14 tahun

Haji - Wabup: Peluang Berhaji Di Rohul 14 Tahun

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri menyatakan peluang untuk berangkat ibadah haji reguler ke Tanah Suci semakin sulit, karena seorang calon harus menunggu waktu sedikitnya 14 tahun untuk menunaikan rukun Islam kelima.

"Jadikanlah haji tahun ini sebagai haji terakhir. Sebab, peluang untuk berhaji lagi sudah sulit didapat karena daftar tunggu sudah 14 tahun kata Pak Wakil Bupati," ujar Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Kamis.

Wakil Bupati mengatakan hal itu, lanjutnya, dihadapan 249 orang calon haji (calahj) dari Rokan Hulu (Rohul) saat pelepasan calhaj yang bertempat di Masjid Agung Madani Islamic Center, Pasir Pangaraian, menuju embarkasi haji di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, melalui pesawat terbang.

Selain dirinya, pelepasan calhaj Rohul juga dihadiri Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi, Ketua Pengadilan Agama Pasir Pengaraian Ahmad Musa Hasibuan, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Rohul Tengku Habrizal, Ketua Majelis Ulama Indonesia Rohul Hasbi Abduh dan para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

Oleh karena itu, Hafith Syukri berpesan kepada para calhaj untuk kembali meluruskan niat semata-mata karena Allah SWT untuk menunaikan ibadah yang suci, kemudian di tempat yang suci dan pada bulan yang suci.

Kepada 249 orang calhaj Rohul untuk menjaga tetap kesehatan dengan menggunakan masker setiap hari, sehinggga kesehatan tetap fit untuk menghadapi puncak haji, yaitu pada pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi.

"Perkuat rasa kebersamaan dan rasasaling tolong menolong antara satu sama lain," kata Wabup Rohul menitip pesan.

Berdasarkan data Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu daftar tunggu untuk calon haji yang berasal dari daerah tersebut sampai sekarang sudah berjumlah sekitar lima ribu orang, sementara kuota yang diberikan pemerintah setiap tahun sekitar 250 orang.

"Daftar tunggunya sudah lima ribu orang dan kuota kita tiap tahun cuma 250 orang," kata Hasibuan.

Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu sebelumnya menyatakan 249 orang calhaj dari daerah tersebut diberangkatkan dari Pasir Pangaraian menggunakan pesawat miliki maskapai Nusantara Air menuju ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Calhaj Rohul tergabung dalam kelompok terbang lima embarkasi Batam dan merupakan gabungan dari beberapa daerah di Provinsi Riau, seperti calhaj asal Kabupaten Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru yang dijadwalkan berangkat menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines.