DPRD Riau Persiapkan Pelantikan Legislator baru

id dprd riau, persiapkan pelantikan, legislator baru

DPRD Riau Persiapkan Pelantikan Legislator baru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sekretariat DPRD Riau menggelar gladi kotor sekaligus gladi bersih sebagai latihan dalam persiapan pelantikan legislator terpilih perwakilan provinsi setempat, Jumat (5/9) sebelum dilantik secara resmi pada Sabtu.

"Persiapan secara keseluruhan sudah mencapai 80 persen lebih. Jumat akan digelar gladi kotor dan gladi bersih setelah Sholat Jumat," kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau Zulkarnain Kadir di Pekanbaru, Kamis.

Sebelum itu, katanya, persiapan telah dilakukan hampir setiap hari secara teknis dengan melakukan simulasi. Terkait undangan, dia mengatakan telah disebarkan ke hampir 1.600 pihak.

Ketua panitia pelantikan, Mifluhun mengatakan prosesi kegiatan itu nantinya dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) no. 16 tahun 2010. Secara teknis, dijelaskannya bahwa urutan acara intinya adalah pembukaan sidang oleh Ketua DPRD yang lama.

"Selanjutnya Sekwan membacakan SK Mendagri tentang Caleg yang terpilih. Anggota yang lama posisinya berada di sebelah kiri dan anggota baru di sebelah kanan," ulasnya.

Kemudian dikatakannya, Sekwan juga akan membacakan nama Ketua DPRD sementara dan setelah itu dilakukan prosesi penyerahan pimpinan sidang dari Ketua DPRD lama ke Ketua DPRD sementara yang baru.

Sesudah itu, Ketua DPRD lama akan menyerahkan palu kepada Ketua DPRD sementara yang baru dan mulai menjadi pimpinan sidang. Gubernur Riau nantinya juga akan membacakan sambutan Mendagri.

Lalu, sambungnya, setelah sidang dipimpin Ketua DPRD sementara, akan dilakukan pengambilan sumpah oleh Pengadilan Tinggi Riau. Hal tersebut dlakukan berdasarkan agama masing-masing dengan satu perwakilan pula secara simbolis.

Terkait Ketua DPRD, berdasarkan hasil pemilihan legislatif lalu, Golkar merupakan pemenang di Riau. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai pohon beringin itu sendiri telah menetapkan calon terpilih Suparman sebagai Ketua DPRD Riau sementara setelah melalui mekanisme panyaringan tiga nama.

"Mengenai siapa dua nama lagi yang dicalonkan tidak perlu disebutkan lagi. Yang jelas DPP Golkar sudah menetapkan siapa orang yang ditunjuk," kata Suparman yang merupakan calon petahana yang kembali menduduki kursi DPRD Riau.