Haji - 296 Jemaah Haji Dumai Bertolak Ke Batam

id haji, - 296, jemaah haji, dumai bertolak, ke batam

 Haji - 296 Jemaah Haji Dumai Bertolak Ke Batam

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sebanyak 296 jemaah haji Kota Dumai Riau Kloter 6 Embarkasi Batam telah diberangkatkan ke Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau menggunakan armada ferry di terminal penumpang Pelindo setempat, Jumat.

Pantauan, keberangkatan jemaah tamu Allah SWT yang dilepas resmi oleh pemerintah kota (Pemkot) Dumai ini disaksikan ribuan masyarakat, keluarga dan sanak famili dari luar area terminal pelabuhan tersebut.

"Walikota ikut mengiringi jemaah haji ke Batam karena Sabtu besok akan memimpin pelepasan keberangkatan calon haji bertolak ke tanah suci Mekkah," kata Asisten I Setdako Dumai Darmawan kepada pers, Jumat.

Dia menjelaskan, setiba di asrama haji, seluruh jemaah akan menjalani serangkaian persiapan dan tahapan haji, sekaligus beristirahat mempersiapkan diri untuk memulai perjalanan udara ke Kota Madinah.

Seluruh jemaah, lanjutnya, sudah dibekali dengan berbagai pelatihan dan pengetahuan teknis tatacara ibadah melalui kegiatan manasik, ditambah dengan persiapan fisik kesehatan oleh petugas medis.

"Insya Allah semua jemaah telah siap dan sukses menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekkah dengan bekal pengetahuan yang telah dipelajari," ungkapnya.

Walikota Dumai Khairul Anwar menyebutkan, ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam memiliki nilai sangat luhur dan mulia karena Allah SWT menjanjikan pahala dan surga bagi umat yang menunaikan dengan sempurna.

Karena itu, dia berharap kepada peserta haji asal kota Dumai untuk meluruskan niat dalam menunaikan ibadah dan menjadi haji yang mandiri dengan saling bahu membahu menolong sesama yang mengalami kesulitan selama beribadah.

"Lakukan ibadah sesuai rukun, khusuk dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT, kemudian kita mesti saling kompak dan menolong satu sama lain yang mendapati masalah, agar rangkaian ibadah dapat dijalankan sempurna," harapnya.

Pada kesempatan tersebut Kepolisian Resor (Polres) Dumai mengerahkan 61 personel, dibantu aparat dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP Dumai guna menjaga agar pelepasan keberangkatan jemaah haji yang terdiri dari 133 laki-laki, dan 163 perempuan itu berjalan lancar.