Haji - Bupati Rohul Lepas Calhaj Kloter Lima Batam

id haji -, bupati rohul, lepas calhaj, kloter lima batam

Haji - Bupati Rohul Lepas Calhaj Kloter Lima Batam

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Ahcmad melepas keberangkatan 455 orang jamaah calon haji (calhaj) asal Provinsi Riau dan 5 orang petugas haji yang tergabung kelompok terbang (kloter) lima embarkasi Batam, Kepulauan Riau langsung menuju Madinah.

"Calhaj dari Kabupaten Rohul 249 orang, kemudian Kabupaten Indragiri Hulu 178 orang dan Kota Pekanbaru 18 orang. Jumlah itu 455 orang dan ditambah lima orang petugas," ujar Kepala Kantor Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Jumat.

Hasibuan yang sedang berada di Batam mengatakan, pelepasan para calhaj asal Riau tersebut dilakukan Bupati Rohul Achmad di Asrama Haji Batam yang dihadiri beberapa pejabat terkait sembari berucap pemondokan jamaah di Jarwal atau satu kilometer dari Masjidil Haram, Mekkah.

Achmad memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Batam yang telah meberikan pelayanan terbaik kepada para calhaj dari Riau, sehingga bisa dapat memberangkatkan jamaah.

Dia berpesan kepada calhaj bekal utama adalah ketaqwaan, dimana taqwa tersebut sebagai salah satu dari hasil bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah yang baru saja dilewati. Maka jadikanlah ketaqwaan itu sebagai bekal utama dalam melaksanakan ibadah haji tahun ini.

"Raihlah haji mabrur, sebab balasan haji yang mabrur adalah syurga. Sedangkan secara sosial di dunia adalah suka memberi kepada sesama dan perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan menjadi orang yang lebih baik," kata bupati Rohul.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Rohul berharap kepada seluruh calhaj, agar dapat menjaga kebersamaan, kemudian ukhuwah Islamiyah dan saling menolong antara satu sama lain.

"Jika ada teman butuh bantuan, maka bantulah dia. Sehingga bisa sama-sama melaksanakan ibadah haji dan memperoleh haji mabrur bersama. Insya Allah, bersama pula masuk syurga," ucap Ahmad Supardi Hasibuan.

Menurutnya, calhaj perlu meresapi makna terpenting dari pelaksanaan ibadah haji yaitu kepatuhan dan tunduk perintah Allah. Sebagaimana kepatuhan Nabi Ibrahim atas perintah Allah baik ketika meninggalkan istrinya dan anaknya di padang tandus maupun ketika mengurbankan anaknya Ismail.

"Terakhir saya berpesan untuk jaga kesehatan, pola makan dan kebersihan. Baik kebersihan fisik maupun hati, sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit," ucap Hasibuan.

Sebanyak 455 orang calhaj dari Riau serta 5 orang petugas diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines tepat pukul 10.00 WIB dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam langsung menuju Madinah, Arab Saudi.