Pembangunan Tol Tebing Tinggi-Dumai Diusulkan Sumut

id pembangunan, tol tebing, tinggi-dumai diusulkan sumut

 Pembangunan Tol Tebing Tinggi-Dumai Diusulkan Sumut

Medan, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengusulkan ke pusat rencana pembangunan tol trans Sumatera dari Kota Tebing Tinggi hingga Kota Dumai, Provinsi Riau.

Dalam nota jawaban terhadap RAPBD 2015 yang disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, baru-baru ini, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, usulan itu merupakan salah satu terobosan monumental pembangunan di provinsi tersebut.

Dalam usulan itu, tol tersebut direncanakan melintasi sejumlah daerah di Sumut mulai dari Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Simalungun, Batubara, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan.

Ruas jalan tol yang diusulkan tembus hingga Dumai tersebut diusulkan menjadi program tahun 2015 guna merealisasikan visi dan misi Pemprov Sumut yang memasuki usia 67 tahun.

Program monumental lain berupa pembangunan jalan tol pengumpan (feeder toll road) ke Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara dan jalur kereta api menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke di Kabupaten Simalungun.

Jalur kereta api yang direncanakan untuk membawa hasil produksi KEK Sei Mangke ke Pelabuhan Kuala Tanjung tersebut diusulkan untuk dibangun di Indrapura.

Dengan terbukanya akes jalan tol di daerah-daerah yang diusulkan tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu faktor dalam mempercepat pembangunan di Sumut.

Kemudian, Pemprov SUmut juga menyiapkan pengembangan sarana perhubungan massal (mass rapid transportation) di kawasan Medan, Binjai, dan Deliserdang (Mebidang) melalui dukung operasional trans bus rapid.

Demikian juga dalam pembangunan jalur ganda kereta api dari Medan menuju Bandara Kualanamu sepanjang 26 km.