Mahasiswa Demo DPRD Riau Tolak Ibukota Kabupaten Inhil Utara

id mahasiswa demo, dprd riau, tolak ibukota, kabupaten inhil utara

Mahasiswa Demo DPRD Riau Tolak Ibukota Kabupaten Inhil Utara

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Mandah-Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau melakukan aksi demonstrasi di DPRD Riau dengan tuntutan menolak Guntung sebagai Ibukota kabupaten pemekaran Indragiri Hilir Utara.

"Adanya indikasi kepentingan sepihak dalam Forum Komitmen Percepatan Pemekaran Inhil Utara karena bersifat tertutup dan tanpa sepengetahuan tokoh masyarakat Mandah Pelangiran sebagai anggota," kata Ketua Gerakan itu Irwan di Pekanbaru, Senin.

Usulan pemekaran ini, lanjutnya, sudah direkomendasikan oleh Bupati dan DPRD Inhil yang merupakan kabupaten induk. Kabupaten Inhil utara itu terdiri dari lima Kecamtan yakni Kecamatan Mandah, Kecamatan Pelangiran, Kecamatan Kateman, Kecamatan Pulau Burung, dan Kecamatan Telok Belengkong.

Dia mengatakan hasil rekomendasi bupati dan DPRD bertentangan dengan persyaratan administratif pada Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2007 pasal 17 tentang tata cara pembentukan daerah kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 4 huruf b yang berbunyi sebagi berikut;

"Aspirasi sebagian besar masyarakat setempat dalam bentuk keputusan BPD untuk desa dan Forum Komunikasi Kelurahan atau nama lain untuk kelurahan di wilayah yang menjadi calon kabupaten/kota yang dimekarkan," sebutnya.

Sampai saat ini, katanya, 33 desa yang terdiri dari 17 desa di kecamatan mandah dan 16 desa di Kecamatan Pelangiran tidak memberikan rekomendasi Guntung sebagai ibukota Kabupaten Inhil Utara.

Terkait hasil kajian daerah atau studi kelayakan pemekaran oleh Forum pemekaran itu menurutnya tertutup dan tidak diketahui oleh tokoh masyarakat lima kecamatan bagaimana musyawarah dan mufakat Guntung ditetapkan sebagai ibukota.

"Oleh karena itu, kepada ketua DPRD Riau, khususnya Komisi A dan Gubernur Riau dimohon untuk melakukan peninjauan kembali hasil rekomendasi mengenai pemekaran Inhil Utara dan Guntung sebagai ibukota," tuntutnya.

DPRD Riau yang menerima aspirasi demonstran merupakan anggota yang baru saja dilantik Sabtu lalu. Akibat belum adanya pembentukan Komisi, maka anggota DPRD yang berasal dari daerah pemilihan Indragiri Hilir yang menerimanya.

"Karena Komisi A belum ada, Aspirasi ini akan kami tampung dulu," kata salah seorang anggota, Septina Primawati.