Bawaslu Pastikan Bentuk Timsel Rekrut Panwaslu Baru

id bawaslu pastikan, bentuk timsel, rekrut panwaslu baru

Bawaslu Pastikan Bentuk Timsel Rekrut Panwaslu Baru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau memastikan akan membentuk tim seleksi mencari personel untuk Panwaslu di empat daerah kabupaten dan kota pada September 2014 untuk menyambut pelaksanaan Pilkada 2015.

Ketua Bawaslu Riau Edi Syarifudin di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, pembentukan Timsel segera dakukan setelah ada koordinasi dengan pusat pada rapat telah dilakukan sebelumnya yang menyatakan untuk pembentukan Panwaslu baru.

Dia mengatakan, saat ini Bawaslu tengah melakukan sosialisasi ke setiap kepala daerah mengenai pembentukan Panwaslu yang baru setelah yang lama (saat Pilpres) dibubarkan.

Dalam audiensi yang dilakukan tersebut, Bawaslu meminta kepala daerah untuk memfasilitasi Timsel pada saat perekrutan Panwaslu di daerahnya.

Untuk dua daerah dikunjungi Bawaslu pada minggu ini adalah Kota Dumai (9/9) disusul bengkalis pada Kamis (11/9).

Sementara itu, untuk dua daerah lainnya belum ditentukan kapan jadwal pertemuannya, namun tetap akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Pemerintah daerah, menyambut baik kedatangan Bawaslu dalam berbagai hal berkenaan pengawasan Pemilu nanti," katanya.

Dia menambahkan, dalam pembemtukan Timsel, Bawaslu merangkul sejumlah kalangan profesional seperti praktisi, akademisi dan lainnya.

Sebelumnya, Bawaslu masih ragu dan belum mau mau mengambil keputusan terkait pembentukan Timsel untuk merekrut para penggawa Panwaslu di daerah.

Namun, setelah melakukan koordinasi dan rapat dengan pusat untuk membicarakan teknis pengawasan dalam pilkada pada 5 September di Solo, maka dinyatakan untuk membentuk yang baru.