Pertahankan Pilkada Langsung Dengan Perketat Aturan

id pertahankan, pilkada langsung, dengan perketat aturan

 Pertahankan Pilkada Langsung Dengan Perketat Aturan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat harus dipertahankan dengan catatan pemerintah perlu memperketat aturan mengenai dana kampanye dan memperkuat kewenangan Komisi Pemilihan Umum, kata seorang pengamat.

"Perketat persyaratan tentang sumbangan dana kampanye, dan KPU harus diberi kewenangan yang keras untuk mendiskualifikasi pihak yang melakukan penyimpangan," kata pengamat Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau Husnu Abadi Abadi kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Husnu mengatakan hal tersebut menanggapi RUU Pilkada yang kini dibahas DPR RI dengan wacana utama mengembalikan proses pemilihan kepala daerah lewat DPRD.

Menurut dia, pemilihan langsung adalah pilihan terbaik karena dianggap sebagai bentuk kedaulatan rakyat. Memang dalam perjalanannya Pilkada langsung baru bisa memunculkan segelintir tokoh bagus seperti Joko Widodo, Basuki Tjahaya Purnama, dan Tri Rismaharini.

Namun, itu adalah proses yang harus dilalui bangsa Indonesia dalam sistem Pemilu langsung yang harus terus diperketat aturan mainnya, bukan Pilkada langsung malah jadi "kambing hitam" karena banyaknya kepala daerah tersandung kasus korupsi.

"Biaya politik untuk kampanye memang jadi lebih besar dan kebanyakan korupsi yang melilit kepala daerah itu adalah akibat biaya besar tadi. Sedangkan iuran dari anggota partai kan tidak ada, calon kepala daerah mencari dana sponsor dari pihak swasta atau mengambil dari anggaran daerah. Bahkan, ada juga sistem ijon, yaitu dapatkan dana dari pihak tertentu untuk pilkada baru dibayar balik lewat proyek ketika calonnya menang," katanya.

Karena itu, ia menilai DPR RI dalam RUU Pilkada seharusnya mempertahankan proses demokrasi yang sudah berjalan sekarang dengan melakukan penegakan hukum yang lebih tegas.

"Berikan kewenangan bagi KPK, KPU maupaun penegak hukum lainnya dengan aturan yang lebih tegas lagi. Mengenai sumbangan kepada calon kepala daerah harus lebih transparan, dan buat KPU supaya bisa langsung mendiskualifikasi yang langgar aturan. Cuma aturan itu sampai sekarang memang dibuat supaya tidak bisa keras," katanya.

Husnu menyangsikan kesiapan Pilkada lewat DPRD akan lebih baik hasilnya karena politik transaksional masih sangat kental di dalam perpolitikan saat ini. Apalagi ketika melihat proses ini akan kembali seperti saat Orde Baru dengan tradisi pemilihan oleh DPRD penuh dengan pengarahan.

"Misalkan ada koalisi partai politik mereka sepakat dan memutuskan satu calon, sudah selesai dengan yang segelintir ini bisa menentukan kepala daerah. Paling buruknya kalau ada cukong beli koalisi partai, selesai juga pilihannya itu ditentukan sesuai permintaan cukong yang memodali," katanya.