Haji - Kemenag Rohul Dapat Tambahan Kuota Calon Haji

id haji, - kemenag, rohul dapat, tambahan kuota, calon haji

 Haji - Kemenag Rohul Dapat Tambahan Kuota Calon Haji

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Kemenag Rokan Hulu (Rohul) mendapat tambahan kuota sebanyak empat orang calon jemaah haji yang akan segera diberangkatkan pada kelompok terbang (kloter) 18 embarkasi Batam akibat mundurnya 32 orang calon haji asal Provinsi Riau.

"Empat orang tambahan itu diperuntukkan bagi mereka yang telah berumur 84 tahun atau lebih, ditambah istri yang terpisah dan seorang pendamping," ujar Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui sambungan telepon seluler dari Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, para calon haji yang beruntung dari daerah tersebut adalah Syamsuddin bin Basyaruddin Bomo dengan nomor porsi 0400078682 dan berusia 84 tahun yang mendaftar pada Oktober 2011 dari Kecamatan Rokan IV Koto.

Kemudian Lagut bin Kasim Mayang dengan nomor porsi 04000104434 dan berusia 85 tahun yang mendaftar pada Mei 2013 dari Kecamatan Rambah dan Halimah binti Sait Rakkayo dengan nomor porsi 04000104435 umur 74 tahun yang mendaftar Mei 2013 dari Kecamatan Rambah yang terpisah dari suaminya.

"Terakhir atas nama Nasir bin Lagut Kasim dengan nomor porsi 04000104433 yang berusia 52 tahun dan mendaftar pada bulan Mei 2013 dari Kec Rambah atau pendamping bagi orang tuanya Lagut bin Kasim Mayang," katanya.

Hasibuan lebih lanjut mengatakan, calon haji tambahan dari Kabupaten Rokan Hulu tersebut akan tergabung dalam kloter 18 embarkasi Batam dan berangkat dari Pasir Pangaraian ke Batam pada 17 September dan berangkat dari Batam menuju Jeddah tanggal 18 September 2014.

Tiba kembali di Tanah Air pada tanggal 27 September dan kembali ke Rokan Hulu tanggal 28 September 2014. Mereka akan dilayani oleh staf Kemenag mulai dari pengurusan paspor ke kantor imigrasi di Pekanbaru, membuat visa paspor ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

"Keempat calon haji tersebut, juga akan diantar langsung ke Batam. Nanti mereka akan dijemput secara khusus ke Batam dan dibawa pulang secara khusus pula ke Pasir Pengaraian. Hal itu dilakukan karena mereka adalah calon haji lansia yang memerlukan pelayanan secara khusus," katanya.

Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau sebelumnya menyatakan, hanya 4.002 orang calon jemaah haji asal daerah tersebut, dari sebelumnya berjumlah 4.036 orang yang tahun ini berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima.

"Kemungkinan 4.002 orang jumlah calon haji Riau, mudah-mudahan dalam waktu dekat semua akan terpenuhi sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji tahun ini," ujar Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Asril.

Berdasarkan data Kemenag Riau tahun 2014, sebanyak 4.036 orang calon haji berangkat ke tanah suci yang terdiri 4.002 orang calon haji dan 34 orang petugas haji. Jumlah jemaah tersebut dibagi dalam 9 kelompok terbang dengan embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.