Haji - 249 JCH Rohul Bertolak Menuju Mekkah

id haji -, 249 jch, rohul bertolak, menuju mekkah

Haji - 249 JCH Rohul Bertolak Menuju Mekkah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 249 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) setelah selesai melaksanakan Sholat Arba ien atau sholat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi di Kota Madinah, Sabtu (13/9), akan langsung bertolak menuju Kota Mekkah.

"Sholat Arba ien akan selesai pada Sabtu dan para jamaah kita, akan meninggalkan Madinah pada keesokan harinya akan bertolak menuju Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah," ujar Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Jumat.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah dirinya mendapat laporan langsung dari tiga orang yakni Ketua Kelompok Terbang (Kloter) 5 Marjoni, kemudian Pembimbing Ibadah H Edi Tasman dan Petugas Daerah Rohul Irwandi pada Jumat (12/9).

Dia mengatakan, jamaah dari Kabupaten Rohul sebanyak 249 orang yang tergabung dalam kloter 5 embarkasi Batam bersama dengan 178 orang jamaah Kabupaten Indragiri Hulu dan 18 orang jamaah Kota Pekanbaru akan berangkat pada Ahad (14/9), setelah selesai Sholat Subuh.

Selama di Madinah, para jamaah berasal dari Riau telah selesai melaksanakan beberapa ibadah lain seperti sholat sunat, berdoa di Raudhah, ziarah di makam Nabi Muhammad SAW, Abubakar Shiddiq, Umar bin Khattab, pemakaman Baqi dan berkunjung ke tempat bersejarah.

Para jamaah kloter 5 embarkasi Batam, sebelum melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram, Mekkah, mereka akan mengambil miqat di Bir Ali yang ditandai dengan memakai pakaian Ihram sekaligus niat melaksanakan umrah.

"Setelah itu, mereka langsung berangkat menuju Mekkah. Begitu sampai di Kota Mekkah, mereka akan singgah sebentar di maktab, kemudian melakukan thowaf, sa i, tahallul dan barulah selesai ibadah umrahnya," kata dia.

Dengan selesainya ibadah umrah, menurut Ahmad, maka kegiatan para jamaah calon haji adalah menunggu waktu untuk pelaksaan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah 1435 Hijriah yang tentunya ada waktu kosong dan cukup panjang sekitar 19 hari di Makkah Al-Mukarromah.

"Saya berharap kepada seluruh jamaah, agar memanfaatkan waktu kosong ini dengan ibadah sholat lima waktu di Masjidil Haram, Kota Mekkah. Sehingga masa tunggu wukuf dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Data Kemenag Provinsi Riau tahun ini sebanyak 4.036 orang calhaj yang terdiri dari jamaah dan petugas kloter akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir serta jumlah tersebut dibagi sembilan kloter dengan embarkasi Batam, Kepulauan Riau.

"Kemungkinan hanya 4.002 orang jumlah calhaj Riau berangkat dan mudah-mudahan dalam waktu dekat semua akan terpenuhi, sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji tahun ini," ujar Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Asril.