Disperindag Pekanbaru Siapkan Pameran Libatkan 60 IKM

id disperindag pekanbaru, siapkan pameran, libatkan 60 ikm

Disperindag Pekanbaru Siapkan Pameran Libatkan 60 IKM



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau merencanakan program pameran sepanjang tahun 2015 untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) dengan melibatkan 60 IKM binaan.

"Kita saat ini sedang merancang program pameran sepanjang 2015 untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan yang jumlahnya mencapai 60 unit dengan produk berupa kerajinan dan usaha rumah tangga seperti makanan dan minuman," kata Mas Irba H Sulaiman Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Minggu.

Menurutnya, pameran sepanjang tahun ini akan melibatkan asosiasi pusat perbelanjaan yang ada di Pekanbaru, sebagai tempat lokasi pameran yang akan digilir tiap satu bulan sekali.

"Di Pekanbaru ini ada sejumlah pusat perbelanjaan, seperti Mal dan Plaza yang jumlahnya cukup untuk menjadi tempat pameran, nantinya akan kita gilir tiap bulan misalnya Mal Ciputra dan selanjutnya di Mal Pekanbaru. Untuk itu itu kita menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pusat Perbelanjaan dan ini sudah kita bicarakan," ujarnya.

Hasil dari pembicaraan antara Disperindag Pekanbaru dan Asosiasi Pusat Perbelanjaan sejalan dan mendapat respon positif dengan tujuan meningkatkan potensi masyarakat tempatan melalui Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Pekanbaru.

"Respon pihak Mal positif, nantinya IKM ini akan ditempatkan di depan pada posisi yang strategis," katanya.

Ia menambahkan, selain mengadakan pameran di pusat perbelanjaan program ini tetap mengisi pameran yang rutin tiap tahun diadakan seperti Pekanbaru Expo dan Riau Expo. Program ini juga melibatkan asosiasi dari IKM seperti Asosiasi Industri Pangan Riau (ASPARI).

"Pameran agenda tahunan seperti Pekanbaru Expo dan Riau Expo tetap akan diikuti IKM binaan kita, kalau expo ini kan hanya setahun sekali karena itu perlu adanya terobosan dengan program pameran sepanjang tahun." ujarnya.

Ia menjelaskan, Disperindag Pekanbaru pada Juli 2014 telah melaksanakan pameran yang melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) binaan sebanyak 21 IKM, yang menampilkan aneka usaha seperti kue kering, tenunan, tas dan lain lain yang dapat mempromosikan usaha mereka serta memberikan keuntungan materi.

"Juli 2014 kita buat pameran di Mal SKA ada 21 IKM yang terlibat, respon masyarakat pengunjung Mal bagus khususnya di akhir pekan dan mungkin ini jadi pertimbangan pihak mal merespon program pameran sepanjang tahun yang kita tawarkan," tegasnya.(KR-NTY).