Pakar: "Hypnobirthing" Tekan Kematian Ibu Melahirkan

id pakar, hypnobirthing tekan, kematian ibu melahirkan

 Pakar: "Hypnobirthing" Tekan Kematian Ibu Melahirkan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Metode "Hypnobirthing" atau melahirkan dengan sugesti menahan sakit dapat menekan angka kematian ibu saat melahirkan, kata pakar keseharan, dr Khairul Nasir SpOG.

"Hypnobirthing merupakan kiat ibu untuk menghilangkan rasa sakit saat melahirkan," kata dokter Khairul di Pekanbaru, Senin.

Dokter Khairul sebelumnya juga menjadi salah satu pembicara dalam acara "Prenagen Pregnancy Educational Journey" oleh Kalbe Nutritionals di suatu hotel berbintang di Pekanbaru, Riau, Minggu (14/9).

Menurut dia, untuk menghadapi kehamilan dengan suka cita ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil, salah satunya yakni mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Kemudian lanjut kata dia, melakukan olahraga ringan, agar aliran darah stabil, ini akan menyehatkan ibu dan anak yang tentunya berkualitas.

Selanjutnya, kata dia, membentuk pola pikiran yang positif dan percaya diri, jangan biarkan fikiran negatif menghantui dan yakinlah kehamilan itu suatu yang indah dan nyaman.

"Kemudian hilangkan mitos-mitos yang menyesatkan. Isilah kehamilan dengan aktivitas yang menyenangkan dan tentunya dukungan keluarga dan berdoa agar kehamilan tetap sehat," katanya.

Kemudian saat melahirkan, menurut dia kiat agar terhindar dari bahaya atau kematian calon ibu dapat menerapkan hypnobirthing atau sugesti untuk alam bawah sadar.

"Percayakan diri bahwa persalinan akan dapat berjalan dengan baik, dan sakit menjadi suatu yang menyenangkan. Hal itu akan memperlancar proses persalinan. Sugestikan juga bahwa hamil itu indah dan persalinan itu mengalami sakit yang nikmat," katanya.

Teraphy hypnobirthing menurut dia juga terbukti mampu untuk menekan angka kematian ibu saat melahirkan.

"Jika sakit dapat dinikmati, maka proses persalinan akan berjalan baik dan lancar. Jika demikian, tentu keselamatan akan menjadi jaminan," katanya.

Acara "Prenagen Pregnancy Educational Journey" oleh Kalbe Nutritionals yang digelar Minggu (14/9) dihadiri oleh lebih 500 orang ibu hamil dan menyusui.

Program acara ini sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kota besar dan terakhir di Medan, Sumatera Utara serta baru kemudian diadakan di Pekanbaru sebagai kota ketujuh.