Inilah Nama-Nama Usulan Pimpinan Definitif DPRD Riau

id inilah nama-nama, usulan pimpinan, definitif dprd riau

Inilah Nama-Nama Usulan Pimpinan Definitif DPRD Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - DPRD Riau mengagendakan sidang paripurna penyampaian pengumuman usulan peresmian pengangkatan pimpinan definitif dari empat partai pemenang pemilu legislatif 9 April lalu untuk masa jabatan 2014-2019 pada Rabu besok.

"Paripurna besok (Rabu) masih dalam rangkaian tugas pimpinan sementara. Tugas memimnpin rapat dan membentuk fraksi sudah dilakukan. Jadi yang tersisa hanya melaporkan pembentukan tatib dan paripurna pimpinan definitif," kata Ketua sementara DPRD Riau, Suparman di Pekanbaru, Selasa.

Sesuai dengan aturan, lanjutnya, jumlah anggota DPRD yang kurang dari 85 orang unsur pimpinannya terdiri dari satu ketua dan tiga wakil wakil ketua. JUmlah anggota DPRD Riau hasil pemilu legislatif 9 April sendiri adalah 65 orang.

Selanjutnya, pimpinan definitif diusulkan oleh partai pemenang pemilu terbanyak pertama sampai keempat yakni Golkar, PDIP, Partai Demokrat, dan PAN. Sampai saat ini, katanya, sudah tiga partai yang sudah masuk suratnya secara resmi.

"Pimpinan sementara sudah menyurati dan dibalas oleh tiga partai yakni Golkar, PDIP, dan PAN. Sementara Demokrat katanya hari ini atau dalam waktu sebelum paripurna akan mengirim segera usulannya," jelasnya.

Terkait belum adanya usulan dari Demokrat, dia mengatakan pimpinan sementara tidak bisa mencampuri terlalu dalam masalah internal partai itu. Jika Demokrat tidak juga mengirim, akan diumumkan saja terlebih dahulu partai yang sudah mengusung.

"Pada agenda dan paripurna lain saja disampaikan karena DPRD tidak boleh berhenti dan perlu ada petugas definitif," ujarnya.

Disebutkannya nama yang diusulkan oleh PDIP menjadi wakil ketua adalah Makmun Solichin, dari PAN Sunaryo, dan dari Golkar sebagai ketua Suparman sendiri.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat Aherson mengatakan usulan nama kader sebagai Wakil Ketua DPRD Riau masih harus menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). "Sekarang sudah diusulkan, jadi kita tunggu saja prosesnya siapa yang ditunjuk," terangnya.

Dia mengatakan mekanisme di DPP Demokrat akan memilih sembilan nama yang terpilih sebagai legislator DPRD Riau sehingga semuanya punya kesempatan yang sama untuk dipilih.