Ribuan Masyarakat Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Bengkalis

id ribuan masyarakat, meriahkan pawai, taaruf mtq bengkalis

Ribuan Masyarakat Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Bengkalis

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ribuan kafilah dan penggembira berasal dari delapan Kecamatan seKabupaten Bengkalis, ikut memeriahkan pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau di desa Selatbaru Kecamatan Bantan.

Arak-arakan kafilah tampak meriah dengan menampilkan berbagai bentuk barisan dan kreasi seni serta padu padan penampilan mereka yang apik dan indah. Pawai taaruf ini dilepas oleh Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh yang dimulai dari kantor Camat Bantan menuju lapangan sepak bola di depan pasar Sekatbaru, lokasi astaka utama MTQ Kabupaten Bengkalis, Selasa.

Pawai yang diikuti ribuan peserta tersebut tidak hanya diramaikan oleh para peserta MTQ dari delapan Kecamatan, tapi juga dari berbagai pengajian, grup kompang, rebana marching band dan kelompok masyarakat lainnya.

Sementara itu ribuan masyarakat Kecamatan Bantan, Bengkalis dan sekitarnya, tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui pesera pawai, karena ingin menyaksikan kemeriahan pawai taaruflebih dekat lagi.

Bupati Bengkalis Herliyan Saleh mengatakan, pawai taaruf merupakan ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan MTQ. Pawai taaruf juga diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat ukhuwah islamiah antara pemerintah dan masyarakat, dan antara sesama masyarakat.

"Prosesi pawai taaruf melambangkan kebersamaan dan kekompakan, mengusung dan melaksanakan kebaikan yang dapat membawa kemaslahatan umat, termasuk dalam usaha dakwah dan syiar Islam,"katanya.

Pawai taaruf ini juga bagian dari melestarikan seni budaya Islami dan meningkatkan ukhuwah islamiyah, dalam rangka membangun Kabupaten Bengkalis yang lebih maju, bermartabat dan bermarwah.

Semarak pawai, katanya lagi, adalah wujud kegembiraan sebagai rasa syukur atas anugerah Allah SWT agar pembangunan dinergi ini terlaksana dengan baik.

Sementara itu H. Imam Hakim panita pelaksana menyebutkan ribuan peserta berasal dari masyarakat Bengkalis 4.500 orang, Siak Kecil 500 orang, Mandau 500 orang, Rupat Utara 200 orang, Pinggir 500, Bukit Batu 500, Rupat, 200 dan bantan selaku tuan rumah mengerahkan 11.000 orang peserta.