Sepeda - Menpora Akan Buka "Tour De Siak" 2014

id sepeda, - menpora, akan buka, tour de, siak 2014

 Sepeda - Menpora Akan Buka "Tour De Siak" 2014

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dijadwalkan membuka lomba balap sepeda "Tour de Siak" 2014 di Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu malam nanti.

"Sudah dipastikan Menteri Pemuda dan Olahraga akan hadir untuk pembukaan Tour de Siak," kata Bupati Siak, Syamsuar, kepada Antara di Siak, Rabu.

Panitia awalnya merencanakan pembukaan iven tahunan tersebut akan turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu namun menteri berhalangan hadir dan diwakili salah seorang direktur jenderalnya.

Pemerintah Kabupaten Siak untuk kali kedua menggelar lomba balap sepeda "Tour de Siak" (TdS) menyusul kesuksesannya pada penyelenggaraan tahun 2013.

Lomba bertaraf internasional itu diikuti oleh puluhan pesepeda profesional dari 10 negara. Rangkaian TdS 2014 berlangsung pada tanggal 17-21 September.

Pemerintah daerah juga ikut melibatkan masyarakat untuk ikut berperan serta dengan menggelar acara sepeda santai pada Rabu pagi.

Sekretaris Panitia Tds 2014, Syamsurizal mengatakan sekitar 2.000 warga Siak hingga Kota Pekanbaru mengikuti acara tersebut. Sejumlah pesepeda profesional juga turut meramaikan acara sepeda santai tersebut.

"Kami menyediakan 52 hadiah yang akan diundi untuk peserta," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Tengku Said Hamzah, mengatakan iven balap sepeda itu akan diikuti oleh 18 tim, terdiri atas 10 tim dari luar negeri dan delapan tim lainnya dari dalam negeri. Mereka memperebutkan hadiah yang total nilainya sebesar Rp750 juta.

Berapa tim dari luar negeri di antaranya CCN Cycling Team dari Brunai, Eddy Holland Team Persatuan Lumba Basikal Trengganu Malaysia, Malaysia National Team, National Team Bahrain, Tabriz Syahdari Ranking Team asal Iran, Thailand National Team, Team Gusto Taiwan, Kazahstan National Team, dan Brunai National Team.

Sedangkan tim nasional dan lokal berasal dari Pegasus Continental Team, Costum Cycling Club, KFC Jakarta, Miagra Racing Team, United Bike Kencana, Pengprov ISSI Kalimantan Barat, Tim BSP Siak, BRCC Bayuwangi.

Ia mengatakan penyelenggaraan TdS tahun ini cukup sukses dilihat dari jumlah peserta yang bertambah dibandingkan tahun 2013.

"Kesuksesan penyelenggaraan tahun ini bisa dilihat dari jumlah peserta yang bertambah banyak. Pada tahun lalu hanya tujuh tim dari luar negeri, sedangkan untuk tahun ini diikuti 10 tim mancanegara," katanya.

Ia mengatakan pada November 2014, Kabupaten Siak juga dipercaya sebagai penyelenggara lomba BMX tingkat Asia.

"Tim dari dalam dan luar negeri sudah meninjau sarana sirkuit BMX dan menilai Siak sudah siap," katanya.

Hal ini menunjukan Kabupaten Siak mulai diperhitungkan sebagai tempat penyelenggaran lomba sepeda bertaraf internasional. Hal itu tak lepas dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Siak dalam pembiayaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta peran serta pihak swasta sebagai sponsor seperti PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chevron Pacific Indonesia, Bank Riau-Kepri, PT Indah Kiat, dan BOB Bumi Siak Pusako.