Pemprov Riau Dorong Perguruan Tinggi Lahirkan Doktor

id pemprov, riau dorong, perguruan tinggi, lahirkan doktor

 Pemprov Riau Dorong Perguruan Tinggi Lahirkan Doktor

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau mendorong perguruan tinggi melahirkan lulusan doktor (S3) yang nanti bisa menjadi tenaga dosen untuk program pascasarjana dalam meningkatkan sektor pendidikan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Dwi Agus Sumarno, di Pekanbaru, Rabu, mengatakan, sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Riau untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kita ingin menjadikan sektor pendidikan di Riau memiliki daya saing seperti daerah terkemuka lain," katanya.

Menurut dia, dengan tersedianya tenaga para dosen yang S3 di perguruan tinggi lokal akan lebih membuka peluang bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana tanpa harus ke luar daerah.

Dia menyatakan, pemerintah setempat terus berupaya melalui ketersediaan beasiswa, baik dari APBN maupun APBD untuk mendukung hal tersebut. (KR-NTY).

Di sisi lain, dengan tersedianya para doktor di perguruan tinggi juga diharapkan bisa berkontribusi dalam mencapai target pada 2018 setiap guru tingkat SMA harus berpendidikan minimal S2.

Dia mengakui, saat ini guru tingkat SMA yang tamatan S2 di Riau masih sangat minim dan secara bertahap akan terus diatasi dengan meningkatkan pendidikannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Riau Zaini Ismail, mengatakan, pemerintah setempat bertekad untuk menghapuskan kebodohan hingga pada 2020.

Untuk mencapai visi tersebut harus ditunjang ketersediaan akses untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.