Kabut Asap Ganggu Penerbangan Bandara SSK

id , kabut asap, ganggu penerbangan, bandara ssk

  Kabut Asap Ganggu Penerbangan Bandara SSK

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kabut asap yang menyelimuti Provinsi Riau membuat aktivitas di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru terganggu.

Petugas Airport Duty Manager, Ibnu Hasan di Pekanbaru, Senin, mengatakan, sejumlah penerbangan terpaksa "delay" karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Jarak pandang menjadi terhambat dan menyebabkan para awak penerbang kesulitan untuk melihat," katanya.

Dia menjelaskan, jarak pandang yang terjadi sejak pukul 06.00 WIB di bawah standar penerbangan.

Sesuai dengan aturan, katanya, untuk "take of" minimal jarak pandang harus tembus 500 meter dan "landing" biasanya dibutuhkan minimal 1.000 meter.

"Jarak pandang untuk "take of" biasanya lebih ringan dibanding "landing", katanya.

Cuaca buruk akibat kabut asap menyebabkan kualitas udara di Provinsi Riau menjadi menurun hingga dikategorikan berbahaya bagi kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Laboratorium Udara Badan Lingkungan Hidup Pekanbaru, Syahrial, mengatakan, Indeks Standart Pencemaran Udara (ISPU) saat ini sudah menunjukkan udara tidak sehat.

Untuk itu, semua aktifitas mahluk hidup disarankan tidak dilakukan di luar ruangan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyatakan sampai saat ini masih terdapat titik panas di berbagai wilayah kabupaten/kota.

Terakhir Satelit Modis Terra dan Aqua mendeteksi kemunculan sebanyak 18 titik panas (hotspot), seluruhnya berada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Sementara itu, Satelit NOAA 18 yang sebelumnya tidak mendeteksi kemunculan titik panas, pada Rabu (17/9) sore justru merekam keberadaan enam "hotspot" di Riau.