Balap Sepeda - Pebalap Iran Juarai Etape I TDS 2014

id balap sepeda - pebalap iran juarai etape i tds 2014

  Balap Sepeda - Pebalap Iran Juarai Etape I TDS 2014

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pebalap sepeda Iran Hossein Jahanbanian Kamnabi menjadi yang tercepat dalam etape I balap sepeda "Tour de Siak 2014" di Kabupaten Siak, Riau, Kamis.

Pebalap dari klub Tabriz Shahrdari Ranking itu finish pertama dengan catatan waktu 3:32:56, sedangkan juara perorangan kedua dan ketiga diraih oleh pembalap dari Malaysia.

Peringkat dua diraih oleh Mohd Harrif Saleh dari klub Persatuan Lumba Basikal Terengganu dengan catatan waktu 3:33:59.

Peringkat tiga adalah Sofian Nabil Omar Mohd Bakri dari klub Malaysia National Team dengan catatan waktu yang sama namun panitia menyatakan Mohd Harrif Saleh menyentuh garis finish lebih dulu.

Hossein Jahanbanian meninggalkan lawan-lawannya dengan jarak yang cukup jauh. Rute etape I "Tour de Siak" (TdS) sejauh 154,18 kilometer diakuinya tidak terlalu menyulitkan.

"Hanya udara yang menjadi kendala karena sangat panas," kata Hossein setelah lomba.

Race Director TdS 2014, Erwin Anwar, mengatakan pembalap Iran memang terlihat memiliki kekuatan fisik yang lebih bagus dibandingkan pembalap lainnya. Selain itu, ia mengatakan mereka memiliki strategi jitu ketika putaran terakhir jelang finish.

Pembalap Iran dinilai punya strategi yang bagus karena ketika menjelang finish saat melalui Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah yang rutenya mendaki, mereka tidak membiarkan pembalap didepannya melaju kencang dan langsung menyalip saat jalan menurun. "Saat turunan jembatan mereka baru menggeber habis sehingga menang dengan jarak cukup jauh dari pemenang kedua dan tiga," ujar Erwin Anwar.

Sementara itu, pembalap dari tim lokal tidak ada yang berhasil finish di lima besar. Erwin mengatakan pembalap nasional terlalu hati-hati dan hanya bersaing dengan sesama tim lokal.

Panitia baru akan mengumumkan pemegang kaos hijau dan kuning pada esok hari sebelum mulainya etape II.

Untuk etape II melombakan "Road Race" dimulai pada 19 September akan melalui jalanan lintas Kota Siak menuju Kecamatan Sungi Apit dengan panjang lintasan 115,45 Km

Etape III melombakan "Circuit Race". Pebalap akan melintasi jalanan dari Kota Siak menuju Perawang. Etape ini merupakan etape terberat karena lintasannya terpanjang yakni 182,12 km. Etape IV, merupakan terakhir dan diberi nama, "Siak City Race", dengan panjng lintasan 110 km.

Penyelenggaraan TdS 2014 diikuti sebanyak 143 peserta yang terdiri dari 10 tim mancanegara dan delapan tim nasional.