Pemkab Siak Dorong Masuknya Investasi Perhotelan

id , pemkab siak, dorong masuknya, investasi perhotelan

  Pemkab Siak Dorong Masuknya Investasi Perhotelan

Siak, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau mengharapkan adanya investasi perhotelan baru di daerah tersebut untuk mendukung potensi wisata olahraga yang kini sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

"Kami sangat mendambakan adanya investor untuk membangun hotel-hotel baru di Siak," kata Bupati Siak, Syamsuar di sela penyelenggaraan lomba balap sepeda "Tour de Siak", di Siak, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Siak untuk kali ke dua kembali menggelar balap sepeda "Tour de Siak" setelah dinilai cukup sukses dalam penyelenggaraan pertama pada 2013.

Namun, Syamsuar menyadari bahwa perkembangan lomba bertaraf internasional itu sebagai potensi wisata olahraga (sport tourism) masih terkendala dengan minimnya hotel di daerah tersebut.

Ia mengatakan di Siak hanya terdapat empat hotel, sehingga pada penyelenggaraan tahun ini cukup menyulitkan panitia untuk mengatur akomodasi tamu.

"Sebagian besar juga masih hotel kelas melati," katanya.

Syamsuar mengatakan potensi perhotelan di Siak cukup bagus, apalagi dengan perkembangan "sport tourism" dan makin banyaknya agenda kebudayaan yang digelar di daerah tersebut. Selain agenda rutin TdS, ia mengatakan Siak juga akan menjadi tuan rumah ASEAN BMX Championship pada November 2014.

Selain itu, wisata budaya sejarah peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura juga sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Ia mengatakan Pemkab Siak juga terus memberikan kemudahan pelayanan bagi calon investor. "Mengurus perizinan bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa biaya," katanya.

Ia juga mengatakan hanya ada satu syarat apabila investor ingin membangun hotel di tengah kota, yakni konstruksi gedung tidak boleh lebih tinggi dari Istana Siak.

"Istana Siak adalah peninggalan bersejarah kota ini, jadi tidak boleh ada gedung yang lebih tinggi darinya. Karena itu, saya selalu menyarankan agar calon investor membangun gedung maupun hotel di daerah seberang Sungai Siak," katanya.