BPAD Riau Operasikan 10 Unit Pustaka Keliling

id bpad riau, operasikan 10, unit pustaka keliling

BPAD Riau Operasikan 10 Unit Pustaka Keliling

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau mengoperasikan 10 unit mobil perpustakaan keliling untuk memfasillitasi masyarakat dalam mendapatkan sumber bacaan.

"Pada tahun ini, kami tetap mengunjungi tempat-tempat yang ramai berkumpul masyarakat supaya lebih mudah menemukan perpustakaan keliling," kata Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Riau Chairul Rizki di Pekanbaru, Kamis.

Dia menyebutkan, tempat umum yang biasa dikunjungi perpustakaan keliling seperti sekolah, tempat ibadah dan lainnya.

Selain mobil yang membawa bermacam koleksi buku, BPAD juga mengoperasikan dua unit mobil untuk melayani sadar arsip yang diturunkan ke daerah dan tempat umum.

Saat ini, katanya, setiap 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau juga sudah memiliki mobil perpustakaan keliling yang selalu beroperasi untuk kebutuhan bacaan masyarakat.

Sementara itu, terkait dengan koleksi buku yang dimiki BPAD saat ini ada sekitar 250 ribu.

Dia juga menyebutkan, secara keseluruhan koleksi yang pernah diadakan hampir 700.000 buku.

"Kita juga memberikan buku ke daerah kabupaten dan kota dan bahkan, sampai ke desa, rumah ibadah, sekolah, dan tempat umum lainnya," katanya.

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau juga melayani pengunjung pada hari-hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

Biasanya, katanya, kunjungan masyarakat ke perpustakaan pada hari libur cenderung meningkat dibanding hari biasa.

Pada hari biasa, rata-rata pengunjung yang datang hanya sekitar 1.000 orang, sedangkan di hari libur biasanya ada 1.500.

"Bahkan pada saat tertentu juga sempat mencapai angka 2.000," katanya.