Aktivitas Penerbangan Bandara SSK II Lancar

id aktivitas, penerbangan bandara, ssk ii lancar

 Aktivitas Penerbangan Bandara SSK II Lancar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Jumat (18/9) normal setelah sebelumnya Kamis (18/9) sempat mengalami gangguan akibat kabut asap yang menyelimuti Provinsi Riau.

Petugas Airport Duty Manager Toni Hendrik di Pekanbaru, Jumat mengatakan, jarak pandang pada pagi tadi mampu menembus 2.000 meter sehingga tidak mengganggu penglihatan para penerbang.

"Aktivitas pada hari ini dapat berjalan seperti biasanya," katanya.

Ia mengatakan, pada hari sebelumnya, kabut asap di Provinsi Riau sempat mengganggu dan menghambat jarak pandang sehingga terjadi beberapa penundaan penerbangan di SSK II.

Bahkan sejumlah pendaratan darurat juga terpaksa dilakukan di Bandara Hang Nadim Batam karena para pilot tidak mampu melihat tanda-tanda di SSK II.

Saat itu, juga dilaporkan jarak pandang yang terjadi di SSK II hanya 500 meter atau dibawah standar take of dan landing yang membutuhkan penglihatan minimal 1.000 meter.

Sesuai dengan aturan, untuk "take of" minimal jarak pandang harus tembus 500 meter dan landing biasanya dibutuhkan minimal 1.000 meter.

Sebelumnya, berdasarkan data BMKG Stasiun Pekanbaru menyebutkan jumlah titik panas di Pulau Sumatera berjumlah 329 titik yang tersebar di beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan 218 titik, Jambi 49 titik dan Riau 29 titik.

Hampir seluruh kabupaten kota di Riau udaranya sudah kategori tidak sehat. Bahkan hanya sedikit Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menunjukkan kualitas sedang dan rata-rata sudah memasuki kategori tidak sehat hingga berbahaya. (KR-NTY).