Dishut Ajak Perusahaan di Kuansing Peduli Asap

id dishut ajak, perusahaan di, kuansing peduli asap

Dishut Ajak Perusahaan di Kuansing Peduli Asap

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Aparat Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengajak seluruh perusahaan yang ada di daerah itu untuk peduli asap serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di hak guna usaha milik mereka.

"Seminggu ini kabut asap semakin tebal dan kiriman asap semakin besar dan kita berharap persoalan asap akan dapat diantisipasi sebelum mengganggu kesehatan warga," kata kata Kepala Dinas Kehutanan Kuansing Agusmandar di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, salah satu perusahaan yang selama ini berkaitan langsung dengan kehutanan, seperti PT RAPP sudah dihubunginya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Selain itu juga diminta kepada PT TBS agar memprogramkan kegiatan serupa yakni peduli api sehingga dapat mengurangi dampak asap yang mulai meresahkan warga, manfaat lain adalah kedepan kebakaran lahan dan hutan dapat sama - sama di antisipasi secara dini.

"Kedua perusahaan itu telah dihubungi, karena perusahaan tersebut memiliki armada," sebutnya.

Tidak hanya itu, Agusmandar juga menegaskan, bahwa pihaknya telah mengerahkan sejumlah polisi kehutanan untuk memantau perkembangan hutan dan lahan di Kuansing, khususnya di wilayah wilayah Desa Pangkalan dan di wilayah Bukit Betabuah.

"Karena itu diyakini masalah asap segera dapat teratasi," harapnya.

Langkah lain juga dilakukan oleh pihak pemerintah daerah Kuansing dengan tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti BLH sehingga semua persoalan asap dapat di tindaklanjuti secara bersama.