Pekanbaru Dilanda Hujan Deras Sebabkan Banjir

id pekanbaru dilanda, hujan deras, sebabkan banjir

Pekanbaru Dilanda Hujan Deras Sebabkan Banjir

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, dilanda hujan deras disertai angin kencang mulai Sabtu dini hari dan terus berlanjut hingga siang, menyebabkan sejumlah kawasan terendam.

"Ini hujan lebat pertama yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir," kata Anila (58), ibu rumah tangga warga Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru.

Di kawasan Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, hujan menyebabkan kawasan pemukiman penduduk tergenang akibat drainase yang meluap.

Kondisi itu diperparah dengan anak sungai yang membelah daratan Kecamatan Tenayan Raya, juga terpantau telah meluap hingga membanjiri sejumlah kawasan yang berada di dekatnya.

Sebagian warga tampak berupaya membersihkan aliran air setelah hujan lebat mengakibatkan sampah menumpuk dan menyumbat di gorong-gorong.

"Walauh sedikit susah, tapi kami bersyukur hujan ini dapat mengurangi kebakaran lahan penyebab kabut asap," kata Jalil Haritsyah (36), warga di Kelurahan Tangkerang Timur, Tenayan Raya.

Hujan deras yang turun sejak dini hari, hingga melampaui pukul 10.20 WIB masih terus berlangsung dengan intensitas yang mulai menurun.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru sebelumnya telah memprakirakan akan terjadi hujan di sebagian wilayah Riau khususnya Pekanbaru.

"Sebenarnya Riau telah memasuki musim hujan, namun masih dalam kondisi yang normal atau ada peluang hujan dengan intensitas sedang," kata Analis Sanya Gautami.

Pekanbaru sejak empat pekan terakhir dilanda panas, menyebabkan sejumlah kawasan hutan dan lahan menjadi terbakar hingga menimbulkan kabut asap.

"Untuk kondisi asap sudah mulai berkurang, dan jarak pandang kembali normal hanya ada sedikit dan kabut embun," katanya.