Diskominfo Riau Rancang Rencana Induk Informasi Teknologi

id diskominfo, riau rancang, rencana induk, informasi teknologi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Komunikasi, Informatika dan Pengolahan Data Elektornik (Diskominfo-PDE) Riau telah merancang Rencana Induk Informasi Teknologi dalam rangka mewujudkan penggunaan teknologi informasi di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

"Masterplan itu akan menjadi acuan dalam e-Govermand," kata Kepala Diskominfo-PDE Riau Ahmadsyah Harofie kepada pers di Pekanbaru, Senin, saat membuka acara Bimbingan Teknis Implementasi PNS Box dan Aplikasi Mantra se Provinsi Riau.

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur jaringan yang menghubungkan antara Pemerintah Provinsi Riau dengan pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota sangatlah penting.

Menurut dia, hal itu adalah dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan hingga meningkatkan kepercayaan publik.

Ahmadsyah mengatakan, kemajuan informasi teknologi yang sedemikian pesat tidak untuk ditakuti, namun harus diikuti perkembangannya dan memanfaatkannya.

"Termasuk aparatur pemerintah, juga harus mengikuti perkembangan IT yang sedemikian pesat itu," katanya.

Dengan keberadaan infrastruktur informasi dan teknologi yang memadai, maka menurut dia berbagai hal tentang program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemprov Riau akan bisa diketahui oleh pemerintah tingkat kabupaten/kota, sehingga bisa mendukung kesuksesan pembangunan.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur IT ini juga dalam rangka memangun pemerintahan yang baik dan terbuka, karena itu selain pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya, infrastruktur IT juga sangat dibutuhkan dan berperan dalam menyukseskan program pembangunan.

"Dengan perkembangan dan kemajuan IT, satuan kerja juga harus megikutinya dan itu akan menjadi modal pembangunan," katanya.