Disdik Indragiri Hulu Liburkan Siswa Akibat Asap

id disdik, indragiri hulu, liburkan siswa, akibat asap

 Disdik Indragiri Hulu Liburkan Siswa Akibat Asap

Rengat, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Senin, meliburkan siswa TK dan Kelas 1 hingga Kelas 3 SD karena kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di daerah itu dan dikhawatirkan mengganggu kesehatan siswa.

"Besok, (Selasa 23/9), mereka sudah bisa masuk sekolah lagi. Libur untuk mengantisipasi terganggunya pernapasan dan terjangkitnya penyakit ISPA pada siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat SP Msi melalui Sekretaris Disdik Hefnan Endri.

Ia mengatakan libur sekolah untuk siswa Kelas 1 hingga Kelas 3 SD dan TK sudah dimulai sejak Sabtu (20/9), karena sudah terjadwal, makanya tetap libur pada Senin. "Ini langkah aman untuk mengurangi tingginya tingkat ganguan ISPA pada anak sekolah," ujarnya.

Kebijakan meliburkan siswa itu mengacu pada Surat Edaran Dinas Kesehatan setempat tentang dampak kabut asap sejak beberapa hari terakhir, sebab pada pekan lalu kabut asap yang menyelimuti wilayah itu cukup tebal, ujarnya.

"Kami berharap hujan yang mengguyur sejak beberapa hari ini dapat mengurangi ketebalan asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Indragiri Hulu agar pada Selasa (23/9) seluruh siswa dapat kembali masuk sekolah dengan baik," sebutnya.

Menurutnya, selain itu, bagi siswa Kelas 4 SD hingga SMA sederajat di imbau untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan. Apabila dalam beberapa hari ke depan cuaca tidak berkabut lagi, pihaknya kembali menyampaikan edaran kepada masing-masing sekolah tentang aktivitas proses belajar mengajar.

"Namun terlihat sejak dua hari terakhir ini cuaca mulai agak cerah dari sebelumnya, karena itu diyakini pross belajar mengajar akan tetap berjalan dengan baik," harapnya.