Anggota DPRD Riau Jalani Orientasi di Kemendagri

id anggota dprd, riau jalani, orientasi di kemendagri

Anggota DPRD Riau Jalani Orientasi di Kemendagri

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sekitar setengah dari keseluruhan anggota DPRD Riau yang berjumlah 65 orang saat ini tengah menjalani proses orientasi di kementrian dalam negeri di Jakarta selama empat hari dengan materi tugas dan fungsi anggota dewan.

"Yang pergi orientasi sekitar sebagian karena dibagi menjadi dua gelombang. Biasanya materi orientasi itu lebih fokus kepada bagaimana tugas-tugas pook dan fungsi sebagai anggota dewan," kata Ketua Sementara DPRD Riau, Suparman di Pekanbaru, Senin.

Lebih lanjut dikatakannya orientasi tidak hanya penjabaran tugas dan fungsi saja, namun juga mempertajamnya. Akan disampaikan juga, materi tentang bagaimana pemerintahan, fungsi kelembagaaan secara utuh sehingga diharapkan semua anggota dewan sudah mampu bekerja sesuai Tupoksinya.

Orientasi ini, lanjutnya, wajib diikuti oleh semua anggota baru DPRD Riau yang dilantik pada 6 September lalu. Bukan karena para anggota tidak mengetahui tugasnya, tapi lebih kepada meningkatkan pemahaman.

Terkait dibaginya orientasi tersebut menjadi dua gelombang, ia mengatakan hal itu dilakukan agar kantor DPRD Riau tidak kosong. Terlebih lagi nantinya, kata dia, ada aspirasi masyarakat yang akan disampaikan tentu harus ditampung.

"Kita tetap hadir dan bekerja, jadi masyarakat tetap bisa kita layani. Gelombang pertama ini saya yang ikut orientasi dan yang tinggal itu wakil ketua sementara," sebutnya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau, Supriati mengatakan anggota partainya yang mengikuti orientasi di gelombang pertama ini berjumlah tujuh orang dari 14 total anggota. Dia sendiri memilih untuk pergi orientasi pada gelombang kedua yakni Senin pekan depan, 29 September.

"Dari fraksi kita yang pergi tujuh dibagi dua gelombang. Yang pertama mulai hari ini dan balik Kamis. Saya sendiri berangkat gelombang kedua tanggal 29 September nanti," jelaasanya.

DPRD Riau periode 2014-2019 sendiri baru dilantik pada 6 September 2014 yang hingga saat ini masih dipimpin oleh dua pimpinan sementara. Ketuanya Suparman dari Partai Golkar dan wakil ketua Maamun Solihin dari PDIP.