Pengunjung Riau Expo Keluhkan Kabut Asap

id pengunjung riau, expo keluhkan, kabut asap

Pengunjung Riau Expo Keluhkan Kabut Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sejumlah pengunjung kegiatan pameran, Riau Expo 2014 di Purna MTQ Pekanbaru mengeluhkan menurunnya kualitas udara akibat tercemar kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

"Kemarin sempat hilang dan hari ini muncul lagi. Kondisi seperti ini sangat mengkhawatirkan karena bisa mengganggu kesehatan," kata Anisa (36), seorang pengunjung asal Pekanbaru, Selasa.

Wanita itu datang mengunjungi sejumlah stand dengan membawa dua orang anaknya yang masih berumur kurang dari tujuh tahun.

Walau mengeluhkan dan mengkhawatirkan dampak kabut asap, Anisa tetap saja tidak mengenakan masker sebagai upaya antisipasi.

"Tadi saya lupa belinya," kata dia.

Pengunjung pameran lainnya juga mengeluhkan kondisi tersebut, semisal Ajai (45); "kabut asap ini sebenarnya membuat malas, tapi saya tetap datang dan kelihatan lebih sepi dibandingkan tahun lalu," katanya.

Keluhan juga datang dari sejumlah pedagang, seperti Ridwan (54), pedagang mainan anak-anak asal Bandung ini mengaku kabut asap sempat membuat dirinya berniat untuk membatalkan rencana berjualan di Riau Expo.

"Karena demi keluarga, saya akhirnya datang walau memang lebih sepi dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya menyatakan kebakaran hutan dan lahan penyebab polusi asap masih berlangsung di berbagai provinsi di Pulau Sumatera.

"Terparah di Provinsi Sumatera Selatan dan kemungkinan kabut asap di Riau itu kiriman dari Sumsel," kata Kepala Bidang Data BNPB, Agus Wibowo.

Satelit NOAA 18 pada Selasa pukul 17.00 WIB merekam keberadaan 32 titik panas (hotspot) di daratan Pulau Sumatera, di Riau hanya ada empat titik yang berlokasi di Kabupaten Indragiri Hilir.