Imigran Rudenim Pekanbaru Berkeliaran di Riau Expo

id imigran rudenim, pekanbaru berkeliaran, di riau expo

Imigran Rudenim Pekanbaru Berkeliaran di Riau Expo

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Puluhan imigran dari berbagai negara konflik seperti Suriah, Afghanistan, Pakistan dan Banglades penghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru tampak bebas berkeliaran di sekitar lokasi acara Riau Expo 2014 di Purna MTQ Pekanbaru.

"Saya berkunjung ke sini karena tidak dilarang," kata Hasyim, seorang imigran asal Afghanistan yang ditemui saat mengunjungi sejumlah stand di Riau Expo di Pekanbaru, Rabu sore.

Hasyim tidak sendirian, dia terlihat bersama sejumlah teman dan keluarganya mengelilingi kompleks Purna MTQ tempat dilaksanakannya acara pameran Pemerintah Provinsi Riau itu.

Imigran lainnya dari Pakistan, Sayid, mengatakan sengaja datang berkunjung ke acara Riau Expo untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja.

"Kami tidak dilarang untuk keluar, kami juga justru disuruh bekerja mencari uang oleh petugas," katanya.

Kedua imigran asal Pakistan dan Afghanistan tersebut mengaku telah lebih tiga tahun berada di Rudenim Pekanbaru menunggu izin suaka untuk sampai ke Australia.

Mereka mengaku sedikit mengerti bahasa Indonesia karena telah cukup sering bergaul bersama masyarakat tempatan.

Pihak Rudenim Pekanbaru yang dikonfirmasi terkait banyaknya imigran berkeliaran tanpa pengawalan itu belum memberikan pernyataan.

Sebelumnya, aparat Kepolisian Resor Kota Pekanbaru juga telah berulang kali menangkap imigran gelap asal sejumlah negara konflik khususnya Afghanistan.

Terakhir pada beberapa pekan lalu, kepolisian mengamankan lima orang remaja warga negara Afghanistan yang kabur dari Rudenim Bogor.

Hasil pantauan, para pencari suaka tersebut juga sering terlihat di sejumlah tempat hiburan malam, yang pria bersama wanita tempatan dan beberapa yang wanita kerap terlihat bersama laki-laki warga Indonesia.