Gubernur Riau Dukung Pemekaran Wilayah

id gubernur, riau dukung, pemekaran wilayah

 Gubernur Riau Dukung Pemekaran Wilayah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Annas Maamun mendukung pemekaran wilayah untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Annas menyatakan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi setuju dengan pemekaran Riau. Persetujuan itu dilontarkannya saat dirinya bertemu belum lama ini.

Selain itu, gubernur Riau Annas Maamun menilai, dengan semakin banyaknya daerah di Riau yang dimekarkan, khususnya tingkat kabupaten/kota, diyakini sebagai salah satu upaya untuk menambah anggaran dari APBN yang masuk ke Riau. Dengan demikian, percepatan pembangunan di Riau diyakini akan semakin bisa terlaksana.

Menurutnya, peluang Riau untuk memekarkan daerah tingkat kabupaten/kota, sejauh ini masih terbuka. Apalagi mengingat Riau memiliki lahan yang cukup luas. Lebih lanjut, gubri mengatakan, masih ada beberapa daerah lagi yang masuk dalam rencana pemekaran, seperti di Kabupaten Rokan Hilir, juga wajar untuk di mekarkan, ataupun di jadikan Kota.

"Saya sudah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri dan beliau setuju untuk pemekaran di Riau. Saya yakin ini akan berhasil," cetus Gubri, Sabtu

Bila tidak ada aral yang melintang, ada tiga daerah baru yang akan dimekarkan dalam waktu dekat ini. ketiga daerah itu adalah Indragiri Selatan, Rokan Darussalam dan Kota Duri.

Sejauh ini, Gubernur Riau Annas Maamun sudah menyetujui pemekaran tiga daerah itu.

Dari tiga daerah yang akan dimekarkan tersebut, satu diantaranya sudah dibahas di pusat, yakni Kabupaten Indragiri Selatan. Sementara untuk Kabupaten Rokan Darussalam dan Kota Duri, masih perlu pembahasan di tingkat daerah.

"Ada tiga daerah yang akan kita mekarkan. Langkah ini kita lakukan supaya kita bisa mendapatkan anggaran yang lebih dari APBN. Salah satu cara untuk memperbesar anggaran dari APBN ini adalah dengan memperbanyak kabupaten dan kota.

Contohnya di Sumatera Barat, triliunan dana mereka dapat dari APBN. Itu yang harus kita tiru," tambahnya.

Lebih jauh dikatakan mantan Bupati Rohil ini. Untuk bisa terwujudnya pemekaran tersebut harus melalui kerjasama dengan seluruh kalangan masyarakat. termasuk Bupati, DPRD, tokoh masyarakat, dan juga persetujuan dari pemerintah pusat.

Sudah saatnya kita memperjuangkan pemekaran, dengan dukungan seluruh kalangan tentunya, ujarnya. (Advertorial)