Bupati Minta Alumni P4S Ajukan Kredit

id bupati minta, alumni p4s, ajukan kredit

Bupati Minta Alumni P4S Ajukan Kredit

Siakhulu, (Antarariau.com) - Bupati Kampar H Jefry Noer meminta kepada alumni pusat pelatihan pertanian perdesaan swadaya (P4S) Karya Nyata, Kubang Jaya, Kecamatan Siak untuk mengajukan kredit ke perbankan sebagai modal awal untuk memulai usaha.

Jefry di Siakhulu, Senin, menyatakan petani yang bergerak di bidang peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian sudah dibekali ilmu dan pelatihan. Mereka diharapkan dapat mengangkat derajat ekonomi keluarga dan terbebas dari kemiskinan.

Menurut Bupati pusat pelatihan pertanian perdesaan swadaya (P4S) dibentuk untuk melatih dan membekali masyarakat di tiap Kecamatan dan Desa yang mengirim perwakilan untuk ikut P4S, karena itu kepada Camat dan para Kepala Desa harus peduli dan beri perhatian serius pada warga masyarakatnya yang miskin yang mau ikut pelatihan P4S.

Hal itu disampaikan Bupati Kampar H.Jefry Noer pada penutupan pelatihan petani dan pelaku agribisnis angkatan VIII dan IX tahun 2014 di P4S Karya Nyata, Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Senin (29/9)

Kalau ada yang menghambat alumni P4S dalam mendapatkan bantuan baik modal usaha atau bimbingan dari Dinas bersangkutan sesuai jurusannya, itu sama saja dengan tidak mendukung program saya dan tidak mau menyukseskan program Pemda, karena itu kalau terjadi segera lapor ke saya kata Jefry dan akan saya tindak tegas," ucapnya.

Kepada para alumni P4S pun Jefry berpesan agar dapat menjaga nama baik alumni P4S, kalau ada kedapatan melakukan perbuatan melanggar hukum atau yang memalukan maka akan dikeluarkan dari alumni P4S.

Ditambahkannya Jefry, nanti kalau ada yang sudah dapat pinjaman modal, itu uang pinjaman bukan uang pemberian atau dana hibah, karena itu harus serius dan semangat menjalankan usaha agar dapat berhasil dan segera melunasi pinjaman agar uang tersebut dapat di gulirkan kepada petani lain yang memerlukan modal usaha," terang Jefry.

Kepada direktur Bank Indonesia dan Bank Bukopin, Jefry menyampaikan permohonan bantuan dan perhatian dalam membina dan mengembangkan Koperasi dan Permodalannya di Kampar,harap Jefry.

Kepala Badan penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Aliman Makmur mengatakan, pelatihan P4S bagi para petani dan masyarakat miskin dengan tujuan untuk menjawab tantangan ekonomi masyarakat agar maju dan memutus mata rantai kemiskinan, peningkatan ekonomi masyarakat dan untuk penguatan individu masyarakat untuk mengambil peluang usaha yang sangat banyak terbuka saat ini.

Mahdi Muhammad kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Propinsi Riau, mengatakan yang membuat orang sukses bukan karena orang itu kaya, punya kolega, harta yang banyak atau modal tetapi disebabkan karena memiliki semangat yang ada pada dirinya.

Dengan bekal semangat pada diri sendiri ditambah bekal ilmu yang diberi oleh pak Bupati melalui P4S nya ditambah modal usaha, Insyaallah akan membawa kemajuan bagi dirinya.

Usai sambutan Mahdi Muhammad juga memberi Bupati Kampar kenang-kenangan, berupa Pohon zaitun dan Korma. Ia menyatakan pohon itu disenangi Nabi Muhammad dan umur pohon Zaitun dan Korma yang dapat hidup dengan umur sampai ratusan tahun, artinya tanamlah pohon yang baik baik dan dapat memberikan manfaat kepada orang banyak.

Ikut hadir dalam acara itu Direktur Bank Bukopin Pekanbaru Agus Pambudi bersama rombongan pimpinan Bank BTN syariah dan BNI syariah Pekanbaru, Anggota DPRD Riau Eva Yuliana, juga hadir artis ibukota Eksanti beserta rombongan yang sedang berkujung ke P4S, Pimpinan Satker Pemda Kampar dan para peserta P4S.(Adv)