BNPB Kerahkan Personel TNI Dan Polri Bantu Atasi Kebakaran Lahan

id bnpb, kerahkan personel, tni dan, polri bantu, atasi kebakaran lahan

 BNPB Kerahkan Personel TNI Dan Polri Bantu Atasi Kebakaran Lahan

Jakarta, (Antarariau.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengerahkan 2.200 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan 1.050 personel Kepolisian RI (Polri) untuk membantu memadamkan kebakaran lahan di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa jumlah personel TNI dan Polri itu untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni dan tim lain untuk pemadaman di darat.

Sementara itu, tambah Sutopo, BNPB bersama satgas udara dan BPBD saat ini masih melakukan water bombing dari udara dan melakukan modifikasi cuaca di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pihaknya juga menggunakan masing-masing satu unit Helikopter Bolco dan Kamov di Riau. Di Sumatera Selatan dengan masing-masing satu unit Helikopter Bolco, MI-8 dan Sikorsky.

Selanjutnya, satu unit Helikopter Bolco di Kalimantan Barat. Di Kalimantan Tengah dengan satu unit Helikopter Bolco, dua unit MI-8 dan satu unit Air Tractor dari Kementerian Kehutanan.

Pihaknya juga telah menempatkan "Ground Mist Generator" (GMG) yang dipasang di Bandara Pekanbaru, Palembang dan Palangka Raya masing-masing sebanyak enam unit, serta di Pontianak empat unit.

Pemasangan tersebut untuk menangkap partikel asap agar jarak pandang di bandara tetap jauh, sehingga penerbangan tetap berjalan.