Media Siap Dorong Pembentukan Riau Pesisir

id media siap, dorong pembentukan, riau pesisir

Media Siap Dorong Pembentukan Riau Pesisir

Dumai, Riau, 30/9 (Antara) - Sejumlah pimpinan media massa di lima daerah wilayah pesisir sepakat mendorong terwujudnya Provinsi Riau Pesisir dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta pelayanan terhadap warga.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Dumai Riau Syafrizal di Dumai, Selasa, menyatakan, kesepakatan para pimpinan media dari Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak dan Kepulauan Meranti ini ditandai dengan deklarasi bersama yang dilakukan di Kota Dumai pada akhir pekan lalu.

"Deklarasi dan kesepakatan tersebut telah terbentuk dan media massa siap mendukung dan mendorong pemerintah untuk mempercepat terbentuknya Provinsi Riau Pesisir," katanya.

Dia menjelaskan, pembentukan wilayah baru yang akan dimekarkan dari Provinsi Riau ini telah diperjuangkan sejak lama oleh Komite Perjuangan Pembentukan Riau Pesisir dimotori sejumlah tokoh pejuang di sejumlah daerah wilayah pesisir Riau.

Dukungan ini, lanjut dia, akan ditindaklanjuti dengan melancarkan gerakan nyata melalui peranan menyampaikan informasi ke tengah masyarakat demi kepentingan kemajuan daerah kedepan.

"Media merasa perlu bertanggungjawab untuk ikut berperan mendorong percepatan terbentuknya propinsi yang dinamai Riau Pesisir ini demi kebaikan bersama sesuai harapan yang diinginkan masyarakat," terangnya.

Ditambahkan, peran pers dalam pembentukan suatu rencana pemekaran wilayah sejauh ini terbukti berhasil lewat penyampaian informasi gencar di berbagai media massa, dan kembali akan diupayakan untuk mewujudkan Provinsi Riau Pesisir.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi media yang ikut membantu pemikiran dan mendorong pembentukan Provinsi Riau Pesisir tersebut.

"Peran media sangat menentukan arah perjuangan, karena itu kita sangat mengapresiasi. Namun diharapkan pemekaran suatu wilayah tidak didasari untuk kepentingan kelompok tertentu, melainkan demi memenuhi keinginan bersama yang dapat membawa manfaat luas," jelasnya.