Dispenda Gandeng Setiap Instansi Capai Target PAD

id dispenda gandeng, setiap instansi, capai target pad

Pekanbaru, 1/10 (Antarariau.com) - Dinas Pendapatan Daerah Riau menggandeng setiap instansi untuk memacu realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengoptimalkan pungutan dan retribusi pemakaian gedung yang dikelola pemerintah setempat.

"Kami berharap setiap unsur, termasuk SKPD yang ada memungut retribusi untuk berperan aktif membantu pelaksanaan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah Riau, Johni Irwan di Pekanbaru, Rabu.

Dia menyatakan, pendapatan asli daerah pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp2,9 triliun dan perlu adanya dukungan dari semua pihak supaya dapat direalisasikan seperti jumlah yang direncanakan.

Saat ini, katanya, sektor yang menyumbang besar dalam menunjang pendapatan tersebut di Riau seperti pajak PKB, BPNKB, PBBKB, air permukaan dan pajak rokok.

Disamping itu, katanya, dalam mencapai target tersebut pemerintah setempat juga bisa mengoptimalkan setiap instansi misalnya pungutan-pungutan dalam pajak pemakaian daerah, seperti yang sudah sudah diatur dalam peraturan daerah.

"Kita juga perlu mengoptimalkan pungutan terhadap pemakaian gedung-gedung yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan itu bisa menjadi salah satu sumber pedapatan," katanya.

Meskipun capaian hingga saat ini tidak disebutkan, namun dia mengatakan target pendapatan asli daerah untuk setiap tahunnya terus diupayakan untuk meningkat. Seperti pada tahun sebelumnya yang hanya berkisar pada angka 2,6 triliun.

"Kita berharap pada 2015 juga ada peningkatan dengan mengoptimalkan berbagai sektor untuk menunjang pendapatan sesuai dengan ditargetkan," katanya.