Riau Perbaiki Infrastruktur Datangkan Investor

id riau perbaiki, infrastruktur datangkan investor

Riau Perbaiki Infrastruktur Datangkan Investor

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Annas Maamun menyatakan upaya perbaikan infrastruktur di seluruh wilayah daerah itu terus dilakukan untuk menarik minat investor menanam modal, membantu memudahkan mengangkut hasil panen serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pemerintah Provinsi Riau pada 2014 mulai melakukan pemerataan pembangunan di seluruh daerah. Ini dilakukan dalam upaya percepatan perbaikan infrastruktur. Beberapa kegiatan telah dilaksanakan dan realisasikan," kata Annas di Pekanbaru, Kamis.

Strategi utama dalam pembangunan tersebut salah satunya adalah pembangunan infrastruktur yaitu penyediaan prasarana dan sarana jalan dan jembatan, perhubungan, irigasi, listrik, air bersih, serta rumah layak huni.

Pemerataan pembangunan dilakukan agar seluruh masyarakat Riau merasakan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dari hasil bumi Riau. Selain itu dengan adanya pemerataan pembangunan, ditunjang dengan infrastruktur yang baik, tentunya akan banyak investor yang masuk ke seluruh daerah.

"Kalau infrastruktur di seluruh daerah baik, tentunya investor mau datang ke Riau. Untuk itu, kita mempercantik jalan-jalan di Riau. Jembatan-jembatan yang tidak bagus kita perbaiki jadi cantik," ujarnya.

Untuk menunjang pembangunan infrastruktur tersebut, Gubri, Annas Maamun, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 Triliun untuk pembangunan di tingkat desa. Dan masing-masing desa akan menerima sebanyak Rp 600 juta.

Anggaran itu dipergunakan infrastruktur pedesaan, seperti, pembangunan jalan. Biasanya anggaran untuk pembangunan jalan diberikan kepada Kabupaten Kota, saat ini Gubri ingin langsung memberikan kepada masyarakat untuk membangun jalan di pedesaan.

"Rp600 juta ini kita bagikan ke desa dari APBD Riau. Ada sekitar Rp1 triliun lebih yang akan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di desa," terang Gubri.

Gubri menjelaskan, pada waktunya nanti desa-desa yang ada di Riau benar-benar dapat menjalankan perannya dalam meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. Sehingga nantinya desa yang jumlahnya 1700 buah itu bisa merasakan APBD Riau.

Selain itu, Gubernur juga berjanji memperbaiki masalah pendidikan dengan meningkatkan mutu guru. untuk bidang kesehatan dibangun puskesmas dan setiap Kabupaten diberikan Rp20 miliar untuk membangun puskesmas, dan juga pelayanan bagus termasuk obat-obatan. (Adv)