Menag: Penyelenggaraan Haji Lancar Sampai Wukuf

id menag penyelenggaraan, haji lancar, sampai wukuf

Menag: Penyelenggaraan Haji Lancar Sampai Wukuf

Arafah (Antarariau.com) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin selaku Amirul Hajj (Ketua Misi Haji) Indonesia mengatakan penyelenggaraan haji sejak dari Tanah Air hingga pelaksanaan wukuf di Arafah, Arab Saudi, berjalan lancar.

"Keseluruhan prosesi lancar," kata Menag saat menyampaikan sambutan sebelum khutbah wukuf di Padang Arafah, Jumat siang (Jumat sore WIB).

Jamaah haji Indonesia diberangkatkan ke Arab Saudi sejak 1 September, sementara wukuf jatuh pada Jumat, 3 Oktober.

Menag mengatakan sebanyak 154.467 jamaah haji Indonesia dari 371 kelompok terbang (kloter) sudah sampai di Arafah. Selain itu ada pula sekitar 13.800 jamaah haji khusus.

Namun Menag juga mengakui tidak semua rencana berjalan dengan baik. Hal itu antara lain karena penyelenggaraan haji dilakukan di negeri orang sehingga tidak semua yang diinginkan bisa dilakukan.

Selain itu jumlah jamaah Indonesia cukup banyak mencapai 168.800 jamaah (haji reguler dan khusus) sehingga tidak semua keinginan bisa dipenuhi. Menurut Menag masih hal yang perlu disempurnakan.

Pada kesempatan itu Menag juga memberikan apresiasi kepada para petugas yang telah bekerja dengan dedikasi tinggi bahkan ada yang terancam jiwanya dan mengalami cidera fisik.

Menag juga terharu melihat ada petugas yang harus menggendong seorang ibu yang kesasar. "Saya melihatnya di televisi," katanya. (*)