Warga Bangga Atas Kucuran Pusat Untuk Infrastruktur

Warga masyarakat serta pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, merasa bangga atas  adanya kucuran dana pusat untuk kegiatan peningkatan infrastruktur sejumlah kecamatan di daerah itu mulai dari peningkatan jalan, pembangunan jembatan dan irigasi sehingga yang diperlukan untuk meningkatkan mobilitas dan memudahkan pemasaran hasil pertanian.


Selain itu prestasi Pemerintah Kabupaten Kuansing melobi pusat merupakan bukti peningkatan kinerja perangkat daerah dan hal ini perlu direspon dan diberikan dukungan penuh, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat.


"Kami merasa bangga atas prestasi Bupati H Sukarmis dan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air telah berhasil melobi pusat," kata salah satu warga Kuansing Ir Nariman MM (48) juga salah satu Dosen UNIKS.


Ia mengatakan, kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat yang digunakan oleh pemerintah kabupaten untuk meningkatkan sejumlah jalan di Kabupaten Kuansing adalah tepat, karena masih banyak aspirasi warga agar jalan di Kkuansing menjadi mulus hingga dapat mengurangi ketertinggalan daerah.

    
Kuansing harus lebih baik, dengan membuka isolasi daerah, akses jalan, pengaspalan jalan dan pelebaran jalan sangat berpotensi membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

    
Bupati Kuansing Optimis Daerahnya Maju

 

Bupati Kuansing H Sukarmis optimis daerah akan lebih maju selama kepemimpinannya, karena ratusan kilo meter jalan  telah diaspal, serta ratusan kilometer lagi telah mengalami peningkatan selama dua periode kepemimpinannya.


Sebagai Bupati tentunya berharap seluruh masyarakat akan menjadi makmur dan sejahtera, salah satu programnya adalah melakukan kegiatan peningkatan sejumlah infrastruktur jalan karena jika jalan semakin baik, distribusi hasil pertanian akan lebih lancar dan inverstor akan lebih banyak masuk.
    

"Saya bangga atas prestasi staf saya dan mereka benar- benar  berkomitmen untuk membantu merealisasikan program pemerintah sesuai rencana," kata Bupati H Sukarmis saat bertemu ramah dengan warga.

Jika semua pihak mendukung program yang telah ada, maka diyakini dalam waktu singkat tidak ada lagi warga yang susah. Tahun 2014 semua program berjalan maksimal sesuai dengan harapan maka diyakini tahun 2015 hanya tinggal pembenahan saja.

Sekretaris Daerah H Muharman, mengatakan tahun 2014, semua program Pemerintah Daerah Kuansing telah berjalan sukses, ekonomi warga semakin baik, program peningkatan infrastruktur berjalan sesuai agenda dan aspirasi masyarakat.

"Setelah beberapa bulan berjalan semua kegiatan fisik on scedule, berkualitas dan sejumlah pekerjaan berhasil di selesaikan seratus persen, ini adalah prestasi," sebut H Muharman.

Kepala Dinas Bina Marga Pemkab Kuansing H Aswan di dampingi Kabid Bina Marga menambahkan, Alhamdulilah semua kegiatan fisik di Dinas Bina Marga Sumber Daya Air telah berjalan sesuai dengan target, bahkan hanya dalam tempo tiga bulan setelah proyek dlelang ada yang sudah selesai seratus persen.


"Ini merupakan prestasi yang sangat cemerlang," sebut Aswan.

Nasri Edi juga menambahkan, tahun ini diperkirakan semua kegiatan fisik yang mencapai 42 proyek diyakini berjalan dengan baik salah satunya kegiatan peningkatan jalan Seberang Taluk -  Siberobah - Sangau  sepanjang 1.5 kilometer dengan menggunakan anggaran pusat dari Dana Alokasi Khusus yang kerjakan oleh perusahaan PT Kuansing Bangun Mandiri telah berjalan optimal.

"Ribuan penduduk yang berada di sepanjang jalan akan merasakan manfaat," sebutnya.


Setelah disurvei peningkatan jalan ini sangat penting karena ada puluhan desa yang berada di daerah tersebut akan terbantu, ekonomi warga akan meningkat, lebih mudah menuju pusat kecamatan bahkan kabupaten.
 

   
Keseriusan dari perusahaan pemenang tender sangat dibanggakan, bahkan dirinya menilai perlu diberikan apresiasi tinggi karena mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat dan kualitasnya baik.


"Saya berharap semua perusahaan akan mencontoh perusahaan ini," harapnya.
 

 
Pekerjaan mulai dari awal selalu diawasi dilakukan monitoring bahkan Bupati dan Sekretaris Daerah sendiri turun untuk meninjau langsung kegiatan ini,  hasilnya sangat mengembirakan.


"Para petani ikut bangga, hasil perkebunan dan hasil pertanian mereka bisa langsung menuju pusat pasar, maka pendpatan warga akan membaik, sebutnya MSDA tahun 2014 ini akan menjadi pertimbangan pusat untuk lebih meningkatkan kucuran dana ke daerah Kuansing tahun 2015," ujarnya dengan penuh pengharapan.

(Adv/Asripilyadi)