Pemkab Kuansing Bersyukur Atas Tingginya Perhatian Pusat

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merasa bangga atas perhatian Pemerintah Pusat yang telah memberikan anggaran Dana Alokasi Khusus ke daerah itu.


Pemberian dana tersebut dapat digunakan untuk peningkatan jalan dan jembatan sebagai penghubung kecamatan, hingga sejumlah desa yang masih terisolir dapat menjadi maju dan kesejahteraan warga dapat meningkat.


Tahun 2014, dana DAK Pusat tersebut salah satunya dipergukankan untuk kegiatan peningkatan jalan Jake - Lubuk Ambacang - Lubuk Jambi yang dikerjakan oleh PT Kemuning Yona Pratama sebagai pemenang lelang.


Masyarakat Kuansing merasa bangga atas telah tereaslisasinya peningkatan jalan tersebut bukan saja dapat membantu pendistribusian sejumlah hasil pertanian penduduk, tapi juga mencegah terjadinya lakalantas akibat rusaknya jalan juga lalu lintas warga semakin membaik.


"Selama ini ancaman debu, tabrakan, kemacetan sangat tinggi, namun saat ini semua telah berakhir dengan adanya peningkatan jalan dan jelas akan meningkatkan potensi daerah serta meingkatkan ekonomi warga," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (MBSDA) Kuansing H Aswan di Teluk Kuantan.


Menurutnya, sesuai janji ada aspirasi masyarakat, agar jalan jake menjadi lebih baik direalisasikan oleh pemerintah. "Alhamdulillah hanya dalam tempo tiga bulan saja jalan ini bisa menjadi mulus dan telah diselesaikan oleh pihak Kontraktor melebihi target," ujarnya.


"Ini sangat kami apresiasi bahkan hendaknya dicontohkan oleh perusahaan lainnya," sebutnya.

Selain itu Kepala Bidang Bina Marga Nasri Edi juga menjelaskan, besar manfaat bagi masyarakat atas selesainya pekerjaan kegiatan fisik di lingkungan BMSDA khususnya peningkatan jalan Jake ini.

 
"Ribuan warga akan menikmatinya, ekonomi masyarakat jelas akan mengalami peningkatan drastis, namun demikinan diharapkan tahun 2015 pemerintah pusat akan memberikan dana lebih untuk kelanjutan kegiatan jalan di daerah Kuansing," ujar Nasri dengan penuh harap.

Pemkab Kuansing Optimis Warga Sejahtera

 

Warga sepanjang jalan yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi merasa lega atas realisasinya proyek peningkatan jalan sepanjang ribuan meter tersebut, pasalnya selama ini terasa sangat menyulitkan masyarakat untuk keluar daerah menuju pusat pemerintahan.
    

Dengan berhasilnya Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis memasukkan program peningkatan jalan itu tahun 2014, maka semua masyarakat akan merasa bangga dan menilai inilah bupati yang pro rakyat.


"Kami bangga atas prestasi bupati dan memberikan apresasi kepada Dinas Bima Marga Sumber Daya Air (BMSDA) Kuansing yang benar- benar komitmen untuk membangun dan meningkatkan infrastruktur daerah," kata salah satu warga Kuansing Nelli Maarif (60) di Jakarta.

Menurutnya, dengan peningkatan sejumlah jalan di Kuansing maka sangat berdampak kepada kesejahteraan warga, warga akan terbebas dari isolasi, lebih cepat sukses dan bahkan sangat bermanfaat bagi kalancaran siswa, pelajar dan mahasiswa untuk menuntut ilmu di sekolah maupun di kampus.

"Ribuan pejalar dan mahasiswa Kaunsing setiap hari melintasi jalan tersebut," urainya.

Selain itu salah satu warga Kuansing Kasmedi (40) mengatakan, sangat bangga melihat kemajuan daerah Kuansing, hanya dalam beberpa tahun ribuan kilo meter jalan di Kuansing baik itu jalan kabupaten, jalan negara telah terlihat mulus hingga daerah ini akan menjadi tujuan investor.

(Adv/Asripilyadi)