Kemenag: Jemaah Haji Rohul Tiba Selasa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, menyatakan sebanyak 246 orang jemaah haji asal daerah tersebut yang tergabung dalam kloter 5 debarkasi Batam dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Selasa (14/10).

"Bila tak ada aral melintang dan sesuai jadwal, maka kepulangan jemaah haji yang ditetapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam untuk kloter 5 dijadwalkan besok (Selasa)," ujar Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, jemaah yang tergabung pada kloter 5 tersebut berjumlah 444 orang yang terdiri dari 246 orang asal Rohul, kemudian 179 orang jemaah Kabupaten Indragiri Hulu dan 19 orang jemaah Kota Pekanbaru.

Mereka dijadwalakn dijemput langsung oleh Bupati Rohul Achmad, Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, Asisten II Sekretaris Daerah Rohul Syaiful Bahri, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Rohul Fathanalia Putera dan rombongan.

Ketika tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, para jemaah akan diberangkatkan langsung menuju asrama haji di Batam untuk menginap satu malam, sebagai upaya dalam memulihkan kondisi fisik.

"Baru pada esok harinya (Rabu, 15/10), jemaah Rohul diterbangkan menuju Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian menggunakan pesawat Nusantara Air Charter (NAC) dengan empat kali penerbangan yakni pukul 07.00 Wib, kemudian 09.30 Wib, lalu 12.00 Wib dan pukul 15.30 Wib," katanya.

Ahmad mengatakan, rombongan pertama jemaah Rohul tersebut akan terbang bersama Bupati Rohul Achmad dan istri atau Magdalesni Achmad yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Rohul.

"Sedangkan Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri, Sekretaris Daerah Rohul Damri dan para pejabat lainnya diagendakan akan menerima langsung rombongan pertama jemaah haji Rohul itu di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian," katanya.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Provinsi Riau jumlah jemaah haji untuk tahun ini berjumlah sebanyak 4.016 orang dari total kuota didapat sebanyak 4.036 orang yang dibagi menjadi 9 kloter dan berangkat dari embarkasi Batam.

Sebanyak empat orang jemaah wafat di tanah suci yang masing-masing terdiri dari dua orang jemaah calon haji serta dua orang jemaah haji dari total yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini dari Provinsi Riau.

"Dari 4.016 orang jemaah dari kita, empat orang diantaranya meninggal dunia. Sehingga total jumlah jemaah dari Riau sekarang ini tinggal 4.012 orang," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Riau, M Aziz.

loading...