Medis Dumai Antisipasi Virus Dari Jemaah Haji

 Dumai, Riau,   (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau mengirimkan tim medis ke debarkasi Batam untuk mengantisipasi masuknya virus MERS-CoV dari jemaah haji yang dijadwalkan tiba pada Rabu (15/10).

"Tim medis telah diberangkatkan ke Batam untuk memeriksa kesehatan jemaah haji sebagai upaya mengantisipasi masuknya virus Mers CoV," kata Pelaksana tugas Kepala Dinkes Dumai Hermiyati di Dumai,  Selasa.

Dia menjelaskan, tim medis dokter dan beberapa tenaga perawat tersebut akan bergabung bersama petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai terkait kesiapan pengawasan kesehatan kepulangan jemaah haji.

Langkah antisipasi masuknya virus dari tanah Arab ini, lanjutnya, telah dilakukan koordinasi bersama sejumlah instansi terkait, termasuk rumah sakit umum setempat yang akan digunakan sebagai rujukan rawatan.

"Jika ditemukan jemaah terdeteksi membawa virus ini, langsung dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani karantina," sebutnya.

Pemeriksaan kesehatan jemaah haji yang dijadwalkan tiba di Dumai pada Kamis 16 Oktober lusa ini akan dilakukan berlapis, yaitu selain di Debarkasi Batam juga di terminal tunggu pelabuhan Pelindo Dumai.

Sementara, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai Syaiful menyatakan, petugas medis dan ruang rujukan karantina siap digunakan untuk menampung jemaah haji yang terdeteksi membawa virus MERS-CoV tersebut.

"Kita siap untuk melakukan penanganan jika ada jemaah yang terjangkit virus tersebut dengan menyediakan ruang karantina," jelasnya.

Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat Selasa pagi tadi telah bertolak ke Batam Provinsi Kepulauan Riau untuk memimpin rombongan pemerintah daerah menggunakan kapal laut untuk menyambut kedatangan jemaah haji di Bandara Hang Nadim setempat.
      
  

loading...