Bupati Minta Seleksi Ketat Calon Kades Sendayan

id bupati minta, seleksi ketat, calon kades sendayan

Bupati Minta Seleksi Ketat Calon Kades Sendayan

Bangkinang Kota, 14/10 (Antarariau.com) - Bupati Kampar Jefry Noer memerintahkan agar dilakukan pemilihan ulang Kepala Desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara dan diseleksi ketat agar tidak menimbulkan sengketa lagi.

"Saya minta pemilihan kades di Sendayan benar-benar diseleksi dengan ketat, para calon harus meneken perjanjian fakta integritas yang isinya tidak ada saling menggugat kalau sudah ditetapkan pemenang Pilkades nanti," kata Jefry Noer pada rapat bersama Ninikmamak, Tokoh masyarakat, TNI, Polri dan pihak Pemkab Kampar di ruang rapat kantor bupati, Selasa.

Bupati menyampaikan supaya para calon tidak dipilih dari yang pernah bersengketa, semua harus warga tempatan disana.

"Jangan mencalonkan orang yang mengundang konflik apalagi ada permainan uang karena dampaknya akan merugikan desa sendiri," tegasnya.

Kemudian, calon kades diminta warga tempatan, tinggal di desa itu, pilih orang yang benar-benar paham dan peduli dengan lingkungan dan masyarakat desa.

Dalam rapat itu, bupati mengatakan, "Saya jenuh soal pilkades di Sendayan sudah sampai tiga kali selalu bermasalah saling menggugat hingga sekarang tidak selesai juga dan hampir dua tahun tidak memiliki Kepala Desa," ujar Jefry.

Dia menyampaikan, kepada pemenang Pilkades nanti, Kades merupakan mata, telinga dan mulut atau perpanjangan tangan Bupati di tingkat desa sebagai penyampai kepada masyarakat.

"Jarum jatuhpun di Kampar ini Bupati dapat tahu dan itu melalui Kades," kata Jefry

Dia juga minta inspektorat dan polisi melakukan pemeriksaan laporan keuangan dalam jangka pertiga bulan sekali, agar jelas laporan adminisrasinya untuk pencairan dana termin selanjutnya dan laporan ini disampaikan ke asisten Pemerintahan untuk diteruskan ke Bupati.

Selain itu, ia minta kades melakukan koordinasi dengan seluruh perangkat di desa, Kadus, RT dan RW sekali seminggu,

"Ke depan tidak main-main dalam bekerja karena alokasi dana Desa (ADD) sudah besar untuk disalurkan ke tiap desa maka harus jelas peruntukannya dan kemana pos anggaran di gunakan," jelasnya. (Adv)