Bank Riau Kepri Tempati Gedung Baru Januari

id bank riau, kepri tempati, gedung baru januari

Bank Riau Kepri Tempati Gedung Baru Januari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bank Riau Kepri direncanakan akan menempati gedung baru 15 lantai yang terletak di samping Kantor Gubernur setempat pada Januari 2015 setelah pemasangan pendingin udara dan genset selesai oleh pihak kontraktor.

"Pemasangan "Air Conditioner" (AC) dan Ganset saat ini sedang berlangsung dan diperkirakan memakan waktu lima bulan. Pemasangan sendiri telah dimulai sejak Agustus 2014 ini," kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi di Pekanbaru, Sabtu.

Seperti diketahui, gedung baru yang mulai dibangun pada 2010 dan selesai pada tahun 2012 hingga saat ini belum juga difungsikan sebagaimana mestinya. Hal itu terjadi karena konflik antara bank itu dengan pihak kontraktor, PT. Waskita yang meminta perbankan milik daerah itu membayar biaya tambahan sebanyak Rp8 miliar.

Bank Riau Kepri keberatan karena tidak sesuai dengan kontak awal yang nilainya Rp214 Miliar. Akibatnya, perselisihan tersebut berlangsung hingga ke Badan Artibtrase Nasional Indonesia (BANI). Hasilnya, BANI memutuskan Bank Riau Kepri tetap membayar Rp214 miliar seperti kontrak awal dan Waskita diharus mengganti pendingin udara dan Ganset yang telah mengalami kerusakan setelah hampir dua tahun tak terpakai.

Eka menambahkan, Bank Riau Kepri sampai saat ini telah membayar 95 persen kepada Waskita dan akan melunasi sisanya ketika pendingin udara dan genset sudah terpasang.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Riau yang membidangi keuangan, Aherson menyatakan akan melakukan kunjungan ke Menara Bank Riau-Kepri untuk mengetahui kebenaran kondisi dan kesiapan gedung tersebut sebelum bisa difungsikan dalam waktu dekat.

"Kita akan melakukan kunjungan ke gedung tersebut, dan mengetahui sejauh mana kesiapan gedung tersebut. Masyarakat sudah banyak bertanya ke kita, kenapa gedung tersebut tidak kunjung difungsikan, hal ini harus segera di evaluasi," katanya.

Dia sendiri menyayangkan tidak terawatnya gedung ini dan kedepan menurutnya akan terus dimonitor.

"Menara Bank Riau awalnya dibangun sebagai monumen kebangkitan ekonomi masyarakat Riau karena merupakan salah satu gedung tertinggi yang ada," ucapnya.