Sepakati Gencatan Senjata, Ukraina Segera Buka Perlintasan Perbatasan ke Rusia

id sepakati gencatan, senjata ukraina, segera buka, perlintasan perbatasan, ke rusia

Sepakati Gencatan Senjata, Ukraina Segera Buka Perlintasan Perbatasan ke Rusia

Kiev, (Antarariau.com) - Ukraina sedang mempersiapkan untuk membuka perlintasan perbatasan di perbatasan timur dengan Rusia dalam beberapa hari mendatang, kata Presiden Ukraina Petro Poroshenko Sabtu malam.

"Kami telah sepakat di Milan, di antara keputusan lain, bahwa penjaga perbatasan Ukraina akan segera melanjutkan layanan mereka secara penuh," katanya dalam wawancara dengan beberapa saluran TV di sela-sela KTT Asia-Eropa di Milan, Italia.

Poroshenko menambahkan bahwa salah satu klausul perjanjian Minsk sebelumnya antara Kiev dan milisi Ukraina timur menetapkan bahwa pasukan pertahanan diri di Donetsk dan Luhansk melepaskan kendali perbatasan.

Menurut Presiden, sekelompok penjaga perbatasan dan petugas bea cukai telah dikirim ke pos pemeriksaan Izvarino di zona konflik, sambil menunggu penarikan milisi dari pos pemeriksaan perbatasan.

Jasa penjaga perbatasan Ukraina dan Rusia diperkirakan akan membahas dimulainya kembali penyeberangan perbatasan pada awal pekan depan.

Kiev dan Moskow terus melakukan dialog mereka tentang penyelesaian perdamaian di Ukraina timur pertemuan puncak dua hari di kota Italia utara, Milan, pekan ini.

Serangkaian pertemuan multilateral di Ukraina pada September menguraikan kesepakatan gencatan senjata di Ukraina timur dan membentuk 30 kilometer (sekitar 18 mil) zona penyangga di garis kontak saat ini antara pasukan Kiev dan pendukung kemerdekaan.