PTPN V Bantu 37 UKM Mitra Binaan

id ptpn v, bantu 37, ukm mitra binaan

PTPN V Bantu 37 UKM Mitra Binaan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Perkebunan Nusantara V (Persero), menyalurkan bantuan modal sebesar Rp815 juta kepada 37 usaha kecil menengah di Kampar, Provinsi Riau, sebagai mitra binaan.

"Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program kementerian BUMN dengan usaha kecil, agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana BUMN," kata Kepala Urusan PKBL PTPN V, Sarimanza Tanjung, di Kampar, Minggu.

Menurut dia, PT Perkebunan Nusantara V (Persero), memiliki 47 UKM perorangan dan kelompok di Kampar sebagai mitra binaan. Namun dari sejumlah tersebut tidak keseluruhannya mendapatkan bantuan, karena perlu seleksi yang ketat untuk bisa menjadi penerima, agar dana tersebut bisa berguna dan membantu pengembangan usaha.

"Yang mengajukan dana kemitraan banyak, hanya 37 yang dapat diberikan bantuan. Karena persyaratan semakin selektif, mulai dari lama usaha, adanya izin usaha, sampai dengan syarat bersedia mengikuti program asuransi jiwa," terang dia.

Kata dia, bantuan yang di berikan melalui dana program kemitraan dari PKBL PTPN V, sejalan dengan program pemerintah yang sudah di atur dalam Peraturan Menteri BUMN No. Per-08/MBU/2013 pasal 9 tentang dana kemitraan bersumber dari anggaran perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2 persen dari laba bersih tahun sebelumnya.

Dalam penyaluran bantuan dana kemitraan ini masih menurut dia, pihaknya menggandeng PT Asuransi Jasa Raharja. Tujuannya setiap UKM baik pribadi maupun kelompok bisa mendapat jaminan asuransi jiwa jika dalam proses dana bergulir berjalan terjadi kemalangan bagi penerima.

"Dengan persyaratan tersebut, tahun ini para penerima pinjaman tidak perlu mengembalikan dana pinjaman seandainya meninggal dunia, karena proses pinjaman ini telah di tangani oleh pihak asuransi," kata dia menerangkan.

Kata dia, perusahaan perkebunan yang baru saja bergabung dengan Perusahaan Perkebunan Negara se Indonesia itu, menyalurkan setidaknya 815 juta kepada 37 mitra binaan yang terdiri atas UKM dan kelompok. Selain penyerahan dana PK, dilakukan juga penyuluhan bidang usaha kepada UKM bekerjasama dengan dinas Koperasi.