KMP Dumai Belum Lakukan Persiapan Pilkada 2015

id kmp, dumai belum, lakukan persiapan, pilkada 2015

 KMP Dumai Belum Lakukan Persiapan Pilkada 2015

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Koalisi Merah Putih (KMP) belum mempersiapkan diri menghadapi pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Kota Dumai, Riau, pada 2015 karena menunggu petunjuk dan kapastian dari pusat.

Ketua KMP Dumai Zainal Effendi, Senin, beralasan karena hingga kini belum turun petunjuk dari pimpinan pusat terkait persiapan maupun hal lainnya yang harus dilaksanakan menjelang pelaksanaan Pilkada.

"Sejauh ini kita belum ada melakukan apapun persiapan pilkada karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan teknis dari tim KMP nasional," katanya.

Dijelaskan, partai politik yang tergabung dalam KMP diketahuinya juga belum melakukan persiapan pilkada, baik secara internal pengurus maupun kader.

Hal ini, menurut dia, karena partai politik pengusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Hatta pada pemilihan presiden Juli lalu masih kompak dan solid di Dumai.

"Kepastian pelaksanaan juga belum pasti karena masuknya peraturan pemerintah pengganti undang-undangan pemilihan kepala daerah, sehingga masih menunggu petunjuk lebih lanjut," ungkapnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai Zainal Abidin membenarkan pihaknya belum melakukan persiapan terkait pelaksanaan pilkada tersebut sesuai kesepakatan bersama yang dibangun KMP.

"Karena belum ada petunjuk, maka hingga kini kita menunggu dan melihat perkembangan dari pimpinan nasional," katanya.

Terkait pemilihan kandidat kepala daerah Kota Dumai yang akan diunggulkan, ia menyebutkan belum melakukan proses penjaringan kader maupun tokoh potensial karena mesti menunggu arahan lebih lanjut dari KMP maupun DPP PAN pusat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai mengajukan kebutuhan anggaran Rp21 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2015 mendatang sesuai mekanisme dan tahapan yang telah disusun berdasarkan ketentuan berlaku.

Menjelang Pilkada Dumai, sejumlah nama bakal calon wali kota dan wakil wali kota mulai beredar di tengah masyarakat, di antaranya Ketua Partai NasDem Agus Widayat, mantan wali kota Zulkifli AS, kader PKS Muhammad Ikhsan dan lain sebagainya.