Peserta BPJS Kesehatan Dumai Capai 104.931 Penduduk

id peserta bpjs, kesehatan dumai, capai 104931 penduduk

Peserta BPJS Kesehatan Dumai Capai 104.931 Penduduk

Dumai, (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Dumai Riau mencatat jumlah kepesertaan hingga kini mencapai 104.931 penduduk dari berbagai kategori di kota itu.

Kepala BPJS Kesehatan Dumai Asrul Lukman, Senin menyatakan, peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN) ini didominasi kalangan masyarakat umum kurang mampu sebanyak 58.949, pegawai pemerintah 18.267, swasta 20.502, TNI-Polri 4.816 dan kepesertaan mandiri 2.397 penduduk.

"Peserta terbanyak adalah masyarakat umum kurang mampu sebesar 72,3 persen diikuti PNS 12,8 persen dan swasta 11,5 persen, mandiri 2,2 persen dan TNI Polri 1,2 persen," katanya.

Dia menjelaskan, kepesertaan BPJS Kesehatan yang resmi beroperasi awal 2014 ini baru mampu menjamin kesehatan penduduk sebanyak 42 persen yang bekerja di berbagai sektor dan secara mandiri.

Dalam pelaksanaan tugas asuransi sosial ini, BPJS Kesehatan Dumai yang berkantor di Jalan Jenderal Sudirman terkendala pada pendataan yang belum valid, kurang sosialisasi serta minimnya pemahaman masyarakat terhadap program tersebut.

"Namun secara bertahap kendala tersebut akan ditata lebih baik kedepannya dengan melibatkan semua unsur pihak terkait demi suksesnya program penjaminan sosial ini," jelasnya.

Ia berharap melalui sosialisasi BPJS kesehatan kepada media ini dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang keberadaan dan pemahaman aturan dan persyaratan menjadi peserta kepada masyarakat umum.

"Sejak beroperasi kita langsung bekerja optimal dengan menggandeng pihak terkait, dan agar dipahami masyarakat luas maka program jaminan kesehatan nasional ini disosialisasikan melalui media massa yang ada di Dumai," katanya.

Melalui sosialisasi ini juga diharapkan ada masukan sebagai pertimbangan dan bahan evaluasi untuk perbaikan BPJS Kesehatan kedepan di tengah masyarakat Dumai.

BPJS Kesehatan Cabang Dumai juga melayani jaminan sosial di 4 kabupaten lain di Riau, yaitu Bengkalis, Rohil, Kepulauan Meranti dan Siak dengan total jumlah penduduk terdata sebagai sebanyak 703.379 orang.