Mahasiswa Harus Punya Keterampilan di Era Globalisasi

id mahasiswa harus, punya keterampilan, di era globalisasi

Mahasiswa Harus Punya Keterampilan di Era Globalisasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Mahasiswa harus mempunyai keterampilan dalam mengisi era globalisasi khususnya dalam mengejar kesempatan bisnis secara nasional dan internasional agar dapat bersaing.

"Globalisasi adalah suatu proses terintegrasinya dunia melalui peningkatan arus kapital, perdagangan bebas dengan ditandai tidak adanya batas negara dan kompetisi atau daya saing tinggi," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, di Bengkalis, Senin.

Menurut dia, negara yang daya persaingannya lemah akan menjadi negara pekerja, dimana para ahlinya datang dari berbagai negara maju, maka daya saing itu harus diikuti dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik

Ia mengatakan, era globalisasi merupakan hasil dari perkembangan-perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang revolusioner serta liberalisasi perdagangan dan keuangan di negara-negara maju.

"Pada tataran tertentu globalisasi merupakan hasil alami dari kecenderungan ekspansi pasar yang sejalan dengan keinginan perusahaan maupun manusia untuk mengejar kesempatan-kesempatan bisnis," katanya.

Oleh karena itu,kata Herliyan, persaingan akan bisa dihadapi jika mahasiswa memiliki kemamapuan untuk menjadi sosok inovatif dan kreatif agar mereka dapat berperan dalam pembangunan.

Mahasiswa katanya lagi, merupakan generasi penerus bangsa yang akan menggantikan pemimpin-pemimpin di negeri ini kelak sehingga mahasiswa harus mampu melahirkan inovasi sekaligus menjawab tantangan pembangunan dan mewujudkan generasi emas tahun 2045.

"Untuk menjadi generasi emas, mahasiswa harus memiliki jiwa petarung dan jangan pantang menyerah karena masa kuliah merupakan saat terbaik untuk mengisinya dengan kegiatan pendidikan dan keterampilan,"katanya.

Ia mengatakan, mahasiswa harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang dengan membekali diri dengan kemampuan bahasa asing yang baik dan menguasai teknologi.

Sebab, dengan kemampuan tersebut diyakini mereka akan bisa berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

"Era globalisasi tidak bisa dihindari namun harus dihadapi dengan berbagai persiapan kemampuan dan keahlian," katanya.